Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 29 April 2009

Sobo Turut Lurung di Solo
Sebuah perjalanan menyusuri kampung-kampung di Solo
JOWO LONDO DI GANG TUA (3)

Dasar meneer Londo punya langkah panjang dan cepat, kaki Ni Ngoro kesandung kerikil ketika mau mengimbangi kecepatan langkah Heintche. Ia tidak terjatuh, namun telapaknya miring hingga betisnya menapak tanah. Sakitnya luar biasa, seperti ada tulang yang terkilir. Saat itu Ni Ngoro dan partner ‘sobo turut lurung’-nya yang asal Belanda Rudd Rden Heintchedoocth, baru turun dari sampan di sungai Bengawan Solo Bandar Beton Gadingan Kampung Sewu. Mereka baru saja bersampan bolak-balik menyeberangi sungai Bengawan Solo.

Meski terpincang-pincang kesakitan, sebegitunya ia menolak dituntun Heintche. Maklum Ni Ngoro kasihan pada Sinyo yang juga tergelincir di pinggir Bengawan di daerah Jurug beberapa jam lalu. Celana jeansnnya robek, kaosnya kotor, lengannya berdarah. Penduduk kampung memberi obat merah, Heintche sudah merasa tidak sakit lagi. Kini ganti Ni Ngoro terkilir, namun ia tak ingin bermanja-manja pada bule bau keju itu.

“Menit ke depan pasti sembuh sendiri. Aku hanya minta kamu jangan jalan cepet-cepet. Langkahmu terlalu lebar bagiku.” Hentche tertawa. “Kamu memang wanita bandel tiada duanya. Ok. Sekarang bisa lanjut jalan? Jy ziek, Ni?” Ni Ngoro melangkah, terpincang memang. Namun ia berusaha tidak meringis. Inilah pribadi yang akan ditunjukkan kepada sinyo yang bangsanya pernah menjajah Indonesia hingga 3 abad. Tidaklah bagus jika rakyat Indonesia masih cengeng di hadapan meneer penjajah. Londo itu tersenyum dan mengikuti langkah Ni Ngoro yang terpincang. Ia mau menuntun, tetapi Ni Ngoro mengibaskan tangan meneer itu.

“Baiknya kita duduk di bawah pohon, lalu meronce cacatan kita. Bukankah disini wilayah Bandar Beton? Ini pelabuhan sungai milik kerajaan Kartasura, tempat dimana Kyai Solo berkuasa!” kata Heintchedoocth. “Kyai Solo menjabat kepala pelabuhan, juga lurah desa. Hingga kini, siapa nama sebenarnya Kyai Solo, tidak diketahui, begitu kan Ni?”

“Kata Solo memang berasal dari permudahan kata bau soroh. Bau soroh jabatan kepala pelabuhan (tetapi apakah dia pula yang menjabat lurah desa Sala-nya). Biasanya orang Madura, Sumatra dan China sulit menyebut Bau Soroh. Lidah mereka menyuarakan Solo,” ujar Ni Ngoro meringis akibat masih sakit di betis kakinya.

“Kampung ini bernama Kampung Sewu. Pak tua di pinggir tanggul tadi bilang, kata Sewu diambil dari nama abdidalem Nayaka Sewu yang tinggal di kampung ini.” Tetapi tadi si juru sampan bilang bahwa asal kata Sewu katanya dulu ada seorang Kyai bernama Sewu bertapa di bawah pohon dekat kantor kalurahan. Ada lagi yang bilang, untuk keselamatan pelayaran di sungai Bengawanm Solo, perlu upacara dengan menggunakan lilin yang buaanyak sampai seperti ada seribu lilin. Padahal ada upacara tabur apel sewu. Yang bener yang mana, ya Ni?”

“Kalau mau cari yang bener, mari ke Pak Lurah!” Serta merta Heintche menolak. “Oh nee, nee, nee. Tidak! Aku ingin data dari rakyat. Aku mau tahu seberapa pintar dan pedulinya rakyat pada lingkungan hidup mereka!” gertak Sinyo itu. Ni Ngoro tertawa. “

Seorang nenek penjual jagung rebus ikut duduk di bawah pohon. Betapa senang Ni Ngoro dan Heintche bisa jajan jagung rebus. Nenek jagung itupun bercerita tentang Kampung Sewu. Katanya dulu bandar Benton ini besar. Ni Ngoro melihat bekas-bekas bandar yang masih tersisa. Banyak pabrik di desa paling ujung timur kota Solo ini. Dulunya banyak saudagar batik di Beton. Kandi, penduduk di Beton, nenek moyangnya adalah juragan batik. Selain membuat batik, depan rumahnya juga dibuka toko. Banyak pabrik batik Laweyan yang menitipkan batik di kiosnya untuk dijual pada para pelayar sungai Bengawan. Dari kios-kios itulah, kain batik diperdagangkan para pelayar di wilayah Jawa Timur dan ke seluruh dunia.

Ulet dan pintarnya penduduk Beton dipamerkan oleh Kandi dengan menyebut tokoh dunia yang berasal dari Kampung Sewu. Soebroto, matan Menteri jaman Suharto adalah ketua OPEC. Ada juga mantan ketua MPR RI, May Jen Daryatmo yang juga asli Kampung Sewu. Sedang etos kerja tinggi diperlihatkan oleh Bah Inco, pendiri Konimex di awalnya yang dibesakan di Kampung Sewu. Konimex menjadi multiusaha setelah managemen dipegang anaknya, Joenaedi Joesoef. Yang paling hebat adalah tokoh yang lepas dari penyembelihan PKI tahun 66. Saat menulis ini, catatannya luntur oleh air keringat. Maklum catatan itu dijepit di celana dan perut. Nama tokoh itu luntur. Padahal nama itu tokoh yang pura-pura sudah mati waktu penyembelihan oleh PKI, biar tidak disembelih lagi. Setelah para jagal pergi, iapun lari dan hidup hingga tahun 2000-an. Ni Ngoro merasa cukup bertualang ahri itu. Kakinya sakit. Ia ingin pijat di betisnya yang terkilir. Kebetulan ada taksi kosong yang lewat.

----0000----

Pagi-pagi yang cerah, Ni Ngoro bersama Heintchedoocth ‘sobo turut lurung’ di Kalurahan Kedunglumbu Solo. Mereka memulai di tengah keramaian mall Beteng Plasa. Letaknya hanya 1000 meter dari utara Balaikota Solo, 1000 meter pula dari selatan keraton dan 1000 meter pula dari Pasar Klewer Solo. Di tengah mall besar yang seramai Beteng Plasa, ada makam yang dikeramatkan kalangan tertentu. Inilah makam Pangeran Pabelan.

Inilah makam Pangeran Pabelan yang diragukan oleh Heintchedoocth? Ceritanya Pangeran Pabelan itulah don yuan yang diperdebatkan Ni Ngoro dan Heintchedoocth. Benar atau tidaknya beliau adalah Pangeran Pabelan, generasi sekarang tahunya hanya menurut pada Babad Tanah Jawa yang diuraikan oleh Kyai Solo III kepada pada utusan raja seperti Yosodipura dan Honggowongso. Jika benar dia adalah Pangeran Pabelan putera Tumenggung Mayang, maka beliau hidup pada tahun 1570-an, semasa Djaka Tingkir atau Hadiwijaya berkuasa menggantikan raja-raja Demak. Pangeran Pabelan memacari Puteri Hemas, puteri raja Hadiwijaya.

Bathang mayat Pangeran Pabelan ditemukan seorang Kyai yang menurut Kyai Solo III ditemukan oleh kakeknya, Kyai Solo I. Ceritanya, sang Kyai menemukan mayat tersangkut di sebuah dahan bambu di sungai di Sangkrah. Mayat itu lalu diseret ke tengah air yang mengalir agar terbawa arus dan hilang dari pandangan mata. Namun esok harinya, mayat itu kembali ke tempat semula. Sang Kyai kembali menghanyutkannya ke tengah derasnya air sehingga terbawa arus lagi. Anehnya, esok harinya si mayat kembali di tempat semula.

Heran atas peristiwa itu, Kyai tadi langsung bertapa untuk mengetahui siapa gerangan si mayat. Dalam tapanya, Kyai hanya mampu menerima pesan bawa mayat ini minta dimakamkan secara wajar. Maka iapun akhirnya diambil dan dimakamkan di sebuah tanah, hingga tanah di daerah itu diberi nama Bathangan. Bathangan berasal dari bahasa Jawa bathang (mayat). Tak heran mayat itu pertamanya disebut Kyai Bathang.

Adapun tempat dimana ditemukan mayat yang menyangkut di sungai diberi nama Sangkrah. Sangkrah berasal dari bahasa Jawa nyangkrah atau bahasa Indonesia ‘menyangkut’. Nama Sangkrah selain nama sebuah dukuh, juga menjadi nama Kalurahan di Kecamatan Pasar Kliwon sekarang.

Hingga sampai di sini, Heintchedoocth masih percaya pada cerita itu. Tetapi pada tahun 1742. Namun selisih waktu antara 1570 dengan 1740 berkisar 170 tahun inilah yang membuat Heintchedoocth heran, bagaimana Kyai Solo bisa menyatakan bahwa Raden Bathang ini adalah Raden Pabelan. Makam di mall ini nyaris tidak diketahui pengunjung mall, karena ditempatkan tersendiri.

Daerah Bathangan terletak di Kalurahan Kedunglumbu. Nama ini juga disangkut pautkan dengan Pangeran Pabélan ini. Adalah Kyai Solo III, tetua desa Sala. Tahun 1742, utusan raja Pajang PB II diantaranya Yosodipura dan Honggowongso, mereka meminta secara resmi bahwa tanah kekuasaan Kyai Solo akan dipakai sebagai istana raja Pajang yang ingin pindah ke desa Sala. Rakyat desa Solo harus bedol desa. Namun raja PB II hanya memberi ganti rugi berupa kayu gelondongan. Jadi dari mana uang untuk membeli tanah, paku, pasir, semen dsb?

Menurut Babad Tanah Jawa, tanah desa Sala berupa rawa-rawa. Benarkah? Andai benar, bagaimana rakyat desa Sala bisa hidup di rawa-rawa? Bagi Heintchedoocth, rakyat desa Sala memang pergi, namun mereka bergerilya membuka sumber-sumber air di tanah dimana istana akan didirikan. Air terus mengalir, menggenangi tanah dan mengubahnya menjadi rawa-rawa. Rakyat juga menaburkan segala macam ikan termasuk ikan air laut.

Tiap kali rawa-rawa disumbat dengan kayu-kayu, batu atau benda keras lain, air tetap tak berhenti mengalir. Ini tidak mengerankan, karena setiap habis disumbat, malamnya, rakyat gerilya lagi membuka sumber air. Apa artinya? Artinya, itulah bentuk demo rakyat desa Sala di tahun 1742-1744. Penggeraknya, siapa lagi kalau bukan Kyai Gede Solo III?

Toh pada akhirnya, karena keraton harus cepat dibangun, raja mengabulkan permintaan rakyat dan membayar ganti rugi sebanyak 10 ribu gulden (entah uang segitu dulu sebanyak apa). Setelah diberi ganti rugi, Kyai Sala pura-pura bertapa di makam Kyai Bathang. Nah dalam tapanya ini, beliau mengarang cerita bahwa makam itu adalah Raden Pabelan. Dalam tapanya, beliau diberi Raden Pabelan sebuah bunga delima dan daun lumbu untuk menutup sumber air Tirta Amarta Kamandanu.

Keringlah rawa-rawanya. “Hebat! Sumber air rawa hanya ditutup pakai daun lumbu. Padahal dibendung pakai kayu jati gelondongan tidak bisa,” seru Sinyo Londo tertawa terbahak. Ni Ngoro ikut tersenyum kecut. “Dalam bahasa spiritual, daun lumbu itu bisa menutup sumber air ‘tirta amarta kamandanu’. Ingat, kamu punya darah Jawa, kamu harus belajar kejawen,” bela Ni Ngoro. “Ya udah. Tetapi boleh aku bilang begini…setelah rakyat terima uang ganti rugi bagian dari 10 ribu golden itu, mereka tak lagi membuka sumber-sumber air. Udah Ni, nggak usah berdebat lagi!”

Adapun asal nama Kedunglumbu bermakna politis. Kedhung berarti sumber air. Di kedhung itu tumbuhlah jutaan tanaman lumbu. Daerah ini lalu dinamakan Kedunglumbu. Ni Ngoro mencatat penemuan tentang makna Kedhung Lumbu yang lain.
(bersambung)

Rawa-rawa Solo, Ajang Demo Rakyat Tertua

Di subuh buta, kapal-kapal pelabuhan Beton Kampung Sewu telah menumpahkan barang-barang kebutuhan paduka Sinuwun Paku Buwana dari kerajaan Kartasura. Ki Bau Soroh, abdi dalem keraton yang ditugaskan khusus untuk mengurusinya, membawanya ke istana tanpa kekurangan apapun. Betapa senang Paduka raja oleh pengabdian Bau Soroh, hingga akhirnya jabatannya dinaikkan sebagai kepala pelabuhan sekaligus lurah desa. Wilayah desanya meliputi pinggir sungai Bengawan Solo. Saat itu daerahnya masih berupa rawa-rawa.

Namun Ki Soroh tak putus asa. Rakyatnya digerakkan untuk membangun desa dengan pelabuhan Beton di pinggir sungai Bengawan Solo sebagai titik pusat pasar transit berbagai barang. Maka kapal-kapal dari Jawa Timur, Madura, Kalimantan, China, Belanda dsb, selalu hilir mudik di pelabuhan Beton. Tidaklah heran jika dengan cepat desa rawa-rawa ini dipenuhi membaurnya beberapa ras manusia yang ber¬beda. Logat bicaranya juga beraneka. Banyak juga pendatang yang sulit mengucap huruf R.

Padahal mereka sering berhubungan dengan Ki Bau Soroh. Namun lidah mereka aelalu kelu untuk bicara huruf R dan akhiran H, maka nama Ki Soroh hanya bisa diucapkan dengan nama Ki Sala (diucapkan Saulau, a nya seperti ucapan au dalam kata beliau). Akibat Bahasa Melayu tak kenal huruf au, maka agar tidak salah ucap menjadi Sala (huruf a seperti kala), maka huruf a diganti huruf o menjadi Solo.

Nama Ki Soroh pun akhirnya berganti dengan sendirinya menjadi Ki Solo. Pak Lurah Solo ini adalah pribadi yang sangat sakti mandraguna, maka namanya menjadi Kyai Gede Solo. Desanya juga dinamai desa Solo. Kian ramainya pelabuhan Beton membuat desa Solo kian makmur.

Sampai suatu saat, Ki Solo menerima tamu penting utusan Paduka Sinuwun dari kerajaan Kartasura. Para utusan itu adalah Panembahan Wijil, Suranata, Khalifah Buyut, Pangulu Fakih Ibrahim dan Pujangga RT. Tirtawiguna. Mereka mengemukakan bahwa atas dasar wisik ketika bertapa, desa Solo ditakdirkan Tuhan untuk menjadi kota pusat kerajaan.

Memang ketika itu Sunan Paku Buwana II (1726 – 1749) telah kembali dari pelarian di Ponorogo (1742). Ia sangat sedih melihat kehancuran bangunan istananya di Kartasura. Istana ditinggal dan Sinuhun mengungsi karena adanya pemberontakan Mas Garendi (Sunan Kuning) yang dibantu RM Said atau Pangeran Sambernyawa. Mas Garendi dapat menguasai Keraton Kartosura pada 30 Juni 1742. Alasan penguasaan adalah karena Sinuhun bersedia bekerjasama dengan Belanda. Di saat yang sama, pemberontakan China di Batavia melawan kompeni Belanda meluas hingga ke keraton Kartasura.

Hancurlah bangunan istana Kartasura dan tidak layak lagi sebagai istana pusat kerajaan. Pada akhirnya Sinuwun dapat kembali ke Istana setelah para pemberontak ditaklukkan kompeni Belanda. Melihat istananya rusak, Sinuwun bermaksud memindahkan bangunan istananya ke desa Solo.

Mendengar perintah raja bahwa wilayahnya akan dibangun istana, Kyai Gede Solo tentu tidak keberatan. Namun beliau mengingatkan bahwa di desa Solo terdapat sebuah makam bernama Kyai Bathang. Nama Kyai Bathang yang sebenarnya adalah Pangeran Pabelan, putera Tumenggung Mayang. Ia dibunuh di dalam istana, sebab ketahuan bermain asmara dengan puteri Sekar Kedaton di jaman Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir, raja Pajang. Setelah dibunuh, mayat Raden Pabelan dihanyutkan di sungai Lawiyan (sungai Braja), lalu terdampar dan nyangkrah atau menyangkut di pinggir kali Pepe dalam wilayah desa Sala.

Cerita itu tidak menghalangi Sinuwun untuk memindahkan keratonnya dari Kartasura ke desa Sala. Berita di tentang adanys dua makam ayah dan kakek Kyai Solo, tak digubris. Apalagi 3 orang utusan raja yakni Kyai Tohjaya, Kyai Yasadipura I dan RT Padmagara, menemukan sumber Tirta Amerta Kamandanu (air kehidupan, sumber mata air) di desa ini. Sinuwun kian bersemangat sehingga memerintahkan pembangunan istana dimulai.

Maka para abdi dalem mulai menimbuni daerah rawa-rawa ini dengan balok-balok kayu. Herannya, sekian ribu m3 balok kayu ditimbun, itupun tidak bisa menyumbat mata air rawa tadi, bahkan airnya semakin deras menyerupai Grojogan Sewu. Ajaibnya, berbagai jenis ikan laut seperti teri pethek dll, bermunculan dari sumber air rawa. Selain itu tumbuhan lumbu dengan cepat tumbuh menghutan di desa Solo. Para punggawa keraton panik tak alang kepalang. Saat itu masuk pada tahun 1743.

Para pujangga akhirnya bertapa 7 hari tanpa makan, minum dan tidur. Di malam Anggara Kasih Selasa Kliwon, Pujangga Kyai Yasadipura mendengar wisik yang berbunyi: kang padha mangun pujabrata, wruhanira, telenging rawa iki ora bisa pampet amarga dadi tembusaning samodra kidul. Ewadene yen sira ngudi pampete, kang dadi saranane, tambaken Gong Kyai Sekar Dlima godhong lumbu, lawan sirah tledhek, cendhol mata uwong, ing kono bisa pampet ponang teleng. Ananging ing tembe kedhung nora mili nora pampet, langgeng toyanya tan kena pinampet ing salawas-lawase.

Terjemahan bebasnya: Wahai pertapa, rawa ini tembusan dari Laut Selatan, tak dapat ditutup kecuali dengan syarat; gunakan Gong Kyai Sekar Delima, daun lumbu (talas), dan kepala tledhek ronggeng cendol mata orang).

Sinuwun mengartikan wisik itu bahwa beliau harus membayar ganti rugi kepada Kyai Gede Solo sebesar sepuluh ribu ringgit dan uang itu akhirnya dibayarkan. Selanjutnya Kyai Gede Solo berbesar hati untuk menerima ganti rugi dan langsung membaginya kepada rakyat desa Solo.

Para punggawa seolah melihat bahwa Kyai Gede Solo bertapa di makam Kyai Bathang. Keluar dari bertapa, Kyai Gede Solo membawa “Sekar Delima Seta” dan daun lumbu (sejenis talas). Dengan sedikit upacara ritual, kedua barang tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sumber mata air Tirta Amerta Kamandanu. Herannya, sumber airpun bisa disumbat dan berhenti mengalir. Tentu bisa dimaklumi karena Kyai Gede Solo adalah orang yang mempunyai ilmu bathin yang tinggi.

Padahal pada kenyataannya, kesulitan menutup rawa-rawa itu sebenarnya adalah akibat semacam sabotase rakyat desa Solo, rakyatnya Pak Kyai. Mereka merasa terusir, namun Sinuwun hanya memberi ganti rugi berupa gelondongan kayu untuk membangun rumah di lahan pengganti. Lalu dari mana mendapat uang untuk membeli paku, pasir dan genting?

Maka ramai-ramai rakyat desa Solo berdemo. Demo pada tahun 1743 itu mungkin demo pertama di tanah Jawa. Cara demonya dilampiaskan dengan membuka sumber-sumber air dan melemparkan ikan laut yang masih hidup di rawa itu. Adapun makam Pangeran Pabelan dan ayahanda Kyai Solo jangan diusik, tetapi harus dirawat dan dilestarikan. Kyai Gede Solo akhirnya menang dalam pertikaian melawan Sinuwun. Namun meski kalah, Sinuwun bisa membangun keratonnya di desa Solo.

Rakyat kerajaan dikerahkan membangun istana. Permulaan pembangunan ditandai dengan sengkalan “Jalma Sapta Amayang Buwana “ tahun 1744. Rawanya diurug balok kayu dan tanahnya yang wangi diambil dari daerah Talangwangi, Kadipala dan Sanasewu. Bagaimana kelanjutannya? Tunggu di terbitan mendatang. (noni/bersambung)



Sejarah kota Solo (2)
Sinuwun Meresmikan Kerajaan Surakarta

Gelapnya malam di istana Kartasura kian membuat hati Sinuwun Paku Buwana II sangat gundah. Perselisihan dengan para kerabat tak pernah berhenti, harta benda terus berkurang, keratonnya pun rusak parah dihancurkan musuh. Dalam keheningan, Sinuwun berharap Tuhan segera memberikan karunia agar keraton baru yang sedang dibangun di desa Solo segera rampung.
Doa Sinuhun dikabulkan. Dengan tergopoh-gopoh, abdi dalem RT Tirtawiguna telah mendapatkan berbagai persyaratan untuk perpindahan istana baru, istilahnya slup-slupan. Perintah mengadakan upacara secara besar-besaran dikelola dengan teliti.
Para pendeta dan ustad-ustad mengadakan sesajian dan pengajian selama beberapa malam sebelum hari H. Bunga-bunga harum dipetik dari pelosok wilayah. Juru masak membuat sesaji dan seribu tumpeng lengkap dengan daging hewan berkaki empat. Ikan air tawar, ikan laut dan berbagai jenis unggas tak ketinggalan, termasuk palawija, buah-buahan dan jajanan pasar.
Setelah semua persiapan dilengkapi, Sinuhun dengan segala harta benda dan para abdi dalemnya, pindah dari Kartasura ke desa Sala. Para tamu berdatangan menyambut perpindahan itu, termasuk tuan Belanda penguasa tanah Jawa, Mayor Djohan Andrijas Baron Van Hogendorf. beserta 5 kompi pasukannya. Perpindahan itu dilakukan pada hari Rabu Pahing, 17 Februari 1745.
Iring-iringan barisan kerajaan yang berangkat dari Alun-alun Kartasura, disambut rakyat di sepnajang jalan yang dilalui. Kereta kencana Sinuhun digerakkan 8 ekor kuda, diiringi permaisuri dan garwa padmi, lalu putera mahkota, patih dan para punggawa lainnya sebanyak 50 ribu orang. Barisan berjalan sangat lambat karena harus memutar melewati Alun-alun kerajaan Pajang di kota Gede. Barang-barang yang dibawa juga sangat banyak, sedangkan para serdadu harus membuka jalan dengan menebasi hutan dan semak belukar.
Di sore hari ketika mentari sudah berada di ujung barat, iring-iringan barisan Sinuhun baru sampai di desa Solo. Sinuhun disambut serentak oleh tembakan meriam, bunyi gamelan dan tiupan terompet. Di dampar kencana, Sri Sunan Paku Buwana bersabda kepada segenap hadirin: Wahai hambaku, dengarkan sabdaku. Sejak hari ini, desa Solo aku ambil namanya, aku tetapkan menjadi negaraku, aku namai negara Surakarta Hadiningrat. Siarkanlah ke seluruh rakyatku di Tanah Jawa.
Kepindahan ini diikuti kerabat dan pembesar negara yang segera membangun kediaman yang baru. Di luar tembok istana seperti di Hadiwijayan dan Suryaha¬mi¬jayan dibangun untuk kerabat raja. Begitupun para prajurit diberi lahan-lahan dan dibangunkan sesuai dengan jabatan mereka. Nama daerahnya juga dinamai sesuai dengan pangkatnya seperti di Saragenen, Mertalulutan, Jayantakan dan Miji Pinilihan. Penempatan per golongan mencip¬takan nama-na¬ma kampung seperti Kampung Kalangan, Jagalan, Gandekan dsb.
Syahdan, para pembesar Belanda pun ikut gusar jika tidak mengawasi kerajaan. Maka dengan serta merta penguasa Belanda mencari tanah yang dekat dengan bangunan keraton Surakarta. Tanah di Kedunglumbu dipilih para pejabat Pemerintah Hindia Belanda.Orang-orang asing dan para Misionaris, ramai-ramai membangun rumah kediaman di seputar Gladag.
Sayangnya desa Sala saat itu sering banjir. Penduduknya belum banyak, su¬a¬sananya sepi, jika malam se¬nyap ka¬rena gelap, setan-setan pun berkeliaran. Orang sering takut jika keluar malam, apalagi se¬habis hujan, jalanan sangat becek. Rumah penduduk masih bertembok gedhek, berlan¬tai tanah dan beratap ilalng. Rumah priyagung dan ju¬ragan batik sudah berbalok kayu atau tembok tinggi tanpa lepo. Atapnya genting, alasnya mester. Pagar rumah penduduk juga hanya dari bambu.

Kondisi yang sepi di pusat kerajaan ini berarti menyuburkan aroma perang. Memang, meski sudah pindah keraton, Sinuhun Paku Buwana tidak pernah bisa tidur pulas. Geger Pacinan masih berbuntut. Banyak sekali para Pangeran yang merasa kuat dan sangat anti Kompeni Belanda. Mereka dengan bebas telah meninggalkan keraton untuk membuat benteng pertahanan sendiri.

Pangeran Puger membangun pertahanan di daerah Sukowati, Sragen. RM Said membangun pertahanan di Randulawang dan Wonogiri, sedangkan Pangeran Mangkubumi lari ke Semarang menuntut penguasa Belanda agar diangkat sebagai raja.

Sinuhun merasa sangat terpukul. Sikapnya meminta bantuan Belanda harus dibayar mahal. Selain dijauhi para Pangeran, Sinuhun juga harus membayar wilayah pantai utara mulai dari Rembang, Pasuruan, Surabaya dan Madura untuk dikuasai Belanda. Pengangkatan pejabat tinggi Keraton pun harus seizin Belanda. Benarlah apa yang dikatakan para Pangeran bahwa posisi raja tak lebih dari boneka yang meminjam kekuasaan Belanda.

Dalam heningnya malam, Sinuhun Paku Buwana II menyadari kesalahan. Raja tak ingin apabila kerabatnya saling berselisih karena rakyatlah yang akan menjadi korban. Perselisihan antar kerabat kerajaan berarti keuntungan untuk kompeni Belanda. Maka Sinuhun bertekad untuk memberikan kekuasaan kepada Pangeran Mangkubumi. Serta merta Sinuhun meminta agar Pangeran meredakan pemberontakan dengan janji akan diberi kekuasaan. Namun sang Pangeran sama sekali tidak percaya. Bukankah ia telah pernah dikhianati saat tanah lungguhnya dikurangi?

Sinuhun kian sedih. Sudah 4 tahun singgasana kerajaan Surakarta diduduki. Namun rasa bahagia tak pernah menyambangi. Hatinya tak mampu berbohong. Di keremangan malam, wajahnya berlinang air mata, badannya dingin, tubuhnya bergetar. Semangat tandingnya saat berambisi ingin terus berkuasa, telah surut diterjang rasa kecewa yang mendalam.

Alam bawah sadarnya terluka parah. Sinuhun tak mampu berdiri. Tubuhnya lunglai, peluhnya mengalir deras. Malaikat seakan sudah menyediakan jalan untuk dilewati. Saat Patih nDalem menghadap, Sinuhun hanya berkedip ketika Patih menghaturkan sembah atas hadirnya Gubernur Belanda di pembaringan.

Eyang Londo membezok Paduka Raja. Dalam keadaan alam bawah sadar dan tak sadar karena gering, tangan Sinuhun membubuhkan tanda tangan. Adakah Sinuhun mengerti apakah makna kertas bertulis yang disodorkan Tuwan Gubernur?

Siapa yang menulis surat sakti yang berisi Sinuhun Paku Buwana II, oleh perintah Kumpeni yang agung, kerajaan diserahkan kepada Tuwan Gubernur dan penguasa tanah Jawa, Djohan Andrijas Baron Van Hogendorf. Tanda tangannya tertanda: Hamba, Kanjeng Susuhunan Pakubuwana Senapati Hing Ngalaga Ngabdulrahman Sayidin Pranatagama.…"

Esok harinya langit kota Solo menggelegar. Kilat menyambar, bumi seakan terguncang saat terompet dibunyikan dengan nada demikian mengenaskan. Sang Paduka Raja Paku Buwana II, telah berpulang. Isak tangis pendiri kota Solo terdengar disana sini. Teriakan rakyat terdengar histeris. “Oh Paduka, hanya seumur jagung usimu di Kota Solo. Restuilah agar desa ini menjadi besar…!!!” (noni)

Menarik Kekuatan Energi Cakepny Diri Sendiri

Menarik Kekuatan Energi Cakepnya Diri Sendiri

Semua orang ngerti, tiap diri pribadi punya kekuatan, kekurangan, kelebihan. Allah juga membekali tiap makhluk ciptaannya dengan alat-alat serba canggih yang berbeda-beda. Kita tak bisa tahu, mengapa laba-laba bisa ngeluarin jaring (ternyata untuk cari makan), kita juga aneh melihat cumi-cumi ngeluarin tinta (untuk lari dari bahaya).

Jangan heran Allah juga kasih bekal pada manusia berupa sesuatu untuk pertahanan diri, sama seperti Pinguin atau beruang putih yang dibekali bulu tebal untuk mengatasi hawa dingin salju di kutub utara.

Lalu apa bentuk alat pertahanan diri itu? Inilah bedanya dengan binatang. Karena binatang tak dimodali akal, mereka bisa pakai alat tahan diri secara otomatis tanpa belajar. Kareena kita orang punya akal, maka Allah nyuruh kita untuk mikir lalu nyari, apa sih pertahanan diri kita. Nah kalau orang buta dimodali pendengaran yang peka, orang normal harus menggali sistim pertahanan dirinya.

Lalu bagaimana menggali dan memakai sistim ‘tahan diri’ kita?

Pertamanya kita lihat sistim metabolisme tubuh ini. Bilang aja, apa sih isi tgubuh ini, bagaimana tiap jaringan, organ dan sel tubuh saling mengatur? Kalau kantor punya manajer, negara punya presiden, lha tubuh pastinya ada pusatnya kan?

Pertama yang bisa dirasa adalah nafas, dimana nafas ini menjadi pintu hubungan tubuh dengan alam, lingkungan hidup. Sesudah nafas, lalu darah yang beredar mengelilingi seluruh tubuh. Tidak ada bagian tubuh yang tak terlewati oleh darah. DImanapun bagian tubuh luka, pastgi ada darah yang keluar.

Artinya darah akan bersentuhan, bergesekan dengan sel-sel, organ-organ dan jaringan tubuh. Kalau kapur nulis di papan tulis, akhirnya akan abis. Kalau ban motor terus menggilas aspal akhirnya bannya akan alus. Artinya tiap terjaid gesekan antara sesuatu, pasti ada akibat, pengaruh, aus atau gaya lain sebagai reaksi dari aksi gesekan.

Jadi gesekan antara darah dengan seluruh jaringan tubuh, pastinya juga menimbulkan sesuatu yang lain. Darah yang mengalir menyentuh telapak kaki dan menyentuh telinga atau hati, juga menimbulkan suatu akibat.

Rumusnya gini:
Aliran darah yang dipompa jantung akan bikin terjadinya pergesekan di organ
tubuh. Gesekan itu menimbulkan sebuah GETAR ELEKTRO (macam listrik).
Lha gesekan ini berdaya getar elektro ini membias keluar tubuh. Dalam bentuk
apa? Dalam bentuk ENERGI TERSEMBUNYI. Ada yang nyebut aura.
Energi ini berhubungan dengan energi bumi dan dunia alam raya yang terus saling
Berhubungan, sehingga jadi bio elektron, biar gelombang magnet yang asalnya
dari pusaran anasir alam.

Jadi tiap manusia itu punya energi tersembunyi. Dan energi inilah yang sebenarnya merupakan ‘tahan diri’, energi pertahanan diri jika ada musuh atau keadaan bahaya. Ada yang nyebut energi tersembunyi ini sebagai medan energi.

Pengin tahu buktinya? Gini, jika lihat buah di pasar, kadang antau tertarik, kadang tidak. Ketika anda bilang tidak...energi tersembunyi atgau medan energi anda itu mbisikin kalau buah tiu asam dan beracun. Misalnya kenal orang baru, anda pasti ngira-ngira ‘orang ini gimana ya?, lalu anda langsung suka atau enggak suka.

Lewat medan energi yang tersembunyi ini, orang dapat belajar tentang diri sendiri. Maksudnya belajar tentang:

- Mengenal baik dan buruk lewat analisa perasaan diri
- Tahu dan punya perasaan akan terjadinya sesuatu
- Tahu, jika dalam diri ada yang sakit, apa yang harus diperbuat

Selain itu, perasaan ini disebut daya peka. Ilmu itu bisa diketahui dan dapat pula diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu, dalam bidang psikologi dan kesehatan.

Bedanya lagi antara hewan dan manusia, medan energi manusia itu berubah-ubah sesuai dengan perkembangan kepribadian dan pengaruh lingkungan.
Oh ya, tadi aku bilang gimana cara nggali dan makainya?
Nggalinya susah. Banyak yang kagak percaya, maklum nggak tampak (kayak setan aja).
Ini uraiannya buanyak banget lho…. Perlu artikel khusus atau nanya ke ahlinya, Ni Ngoro. Hidup Ni Ngoro itu serba santgai, ketawa, sabaran, bertangan dingin, berjiwa besar, penuh ide brilian dan dinamika tinggi dengan wajah bersih bercahaya. Sayangnya dia nggak mau ngobral di net. Maka aku buanyak-buanyak nanya ke dia dan hasil wawancarfaku aku tulis ini.

Salah satu cara nggalinya adalah

1. Posisikan tubuh dengan santai.
2. lemaskan semua persendian dan jangan diberi energi (maksudnya misalnya tangan diangkat, nah tangan itu kan dikasih energi bisa naik ke atas). Jadi jangan beri energi pada seluruh bagian tubuh.
3. Kosongkan otak, kagak boleh mikir macem-macem (semacem aja gak boleh)
4. Abis itu rasakan anda akan merasakan:

- naik turunnya nafas anda
- rasakan bahwa ada kekuatan yang mengalir di sekujur tubuh.
- Ada energi yang bisa dirasakan meluncur dengan perlahan dari pundak ke lengan sampai jari-jari
- Anda bisa merasakan aliran darah yang mengalir, bahwa merasa tangan anda kesemutan dan panas.

Pastinya ada lagi. Aku akan kasih tahu nanti jika anda sudah bisa ngrain, untuk apa menggali medan energi.... lalu gimana makainya, termasuk gimana cara membuat medan energi ini tidak buntet, kotor berdebu, bauk apek (keringat bau banget) dan siap sedia dipakai sewaktu-waktu.

Penasaran? Ubungi aku aja wkekekeke.....

Resep Agar Wajah Selalu Berseri

Resep Biar Wajah Berseri

Ini resep kuno jaman Ken Dedes (jadi resepnya Ken Dedes, bukan Gajahmada). Ada 3 resep. Bisa dipakai semua, bisa dipakai salah satunya.

1. Ambil 2 bendel bayam, peras-peras, beri air matang hangat. Saring dan ambil sarinya segelas. Minum di tiap pagi setiap pagi secara teratur


2. Ambil 5 wortel besar, 2 buah jeruk kuning, 1 apel. Parut lalu langsung diperas, ambil sarinya saja jadi segalas. Jangan ditambah air. Minum setiap hari


3. Ambil daun sirih 30 lembar rebus dengan air tiga gelas. Rebus dan jadikan dua gelas saja. Minum pagi dan menjelasng tidur (siang atau malam). Sisa rebusan basuh di muka anda.


Resep Awet Muda

Mau resep awet muda? Ada 2 resep milik Dewi Nawangwulan, itu bidadari yang nikah dengan Panji siapalah lupa. Ada di jaman bidadari, tetapi ditopkan lagi sekarang inin:

Resep I

Ambil kentang, wortel, timun, apel, masing-masing 2 ons. Semua bahan jangan dikupas kulitnya, tapi cuci bersi di air mengalir. Kalau perlu disikat. Lalu di-juicer, buang ampas, ambil sarinya dan diminum dicampur madu 2 sendok makan.

Resep II

Ambil segenggam daun semanggi, cuci bersih. Rebus dengan 1500 cc air.
Daunnya bisa dimakan bersama sambal atau pecel. Airnya diminum.

Dua resep tadi akan bikin awet muda dan sehat penu fitalitas.

Kamis, 23 April 2009

Sesaji Dahsyat untuk Orang Hebat

Aku punya resep dahsyat tentang sayur dan buah segar untuk orang hebat. Saat ini lagi diteliti khasiatnya. Yang jelas, resep ini akan aku berikan pada kalian yang mau. Jika anda orang hebat, harus ngikuti resep ini.

Rabu, 15 April 2009

Jenis Sayur dan Buah yang Bagus unutk Sasabuse

Sayur dan Buah yang Bagus untuk Sasabuse

Jamur

Kandungan : krominum – mineral pemecah lemak menjadi senyawa sederhana atau asam lemak. Krominum ini membantu menyusutkan kadar lemak buruk (LDL) lalu meningkatkan kadar lemak yang baik (HDL).
Bahan senada : kacang-kacangan seperti buah kenari, kacang tanah, mete dan almond


Kacang Tanah

Kandungan : vitamin E, banyak lemak yang bisa menetralisir radiskal bebas, tidak merusak kolestrol LDL dan bisa mencegah serangan jantung.


Kedelai

Kandungan : senyawa fitokimiawi isoflavon (tahu tempe, susu kedelai), sifatnya anti kolestrol


Mangga

Kandungan : vitamin C –nya mencegah kolestrol LDL teroksidasi, sehingga menghindarkan terjadinya plak di dinding pembuluh darah
Buah senada : jeruk-jerukan, dondong, papaya, rambutan, stroberi dan kiwi


Jeruk Nipis atau Lemon

Kandungan : flavonoid, bekerja membunuh produksi LDL hingga mengurangi serangan jantung.
Buah senada : delima, tomat, kedelai, bawang-bawangan, teh, brokoli,


Apel

Kandungan : Magnesium, zat besi, silicon dan zat asam, serat larut
Potassium, fosfor, sodium, alsium, belerang, dan khlor.
Vitamin : A, B, C dan G
Fungsi : potassium melancarkan percernaan unsur fosfor, sodium, alsium, belerang, dan khlor. Zat asam sebagai pembersih tubuh dan obat radang dalam tubuh
Serat larut adalah sumber betaglucan, tugasnya mengontrol penyerapan dan produksi kolestrol
Buah senada :
pepaya, wortel, kapri, beras merah
buah yang dimakan dengan kulitnya (jambu, apel, pir)
polong-polongan (buncis, kecipir, kancang panjang)
polong-polongan kering (kacang hijau, kacang merah, tolo


Jambu Biji Lokal Merah

Kandungan : likopen, berperan mengendalikan produksi kolestrol
Buah senada : tomat, semangka


Apokat

Kandungan : Asam pantotenat, adalah senyawa paling menonjol berperan meredam kadar kolestrol darah


(dibacutke besok lagi...sorry ada perlu....)

Sasabuse, Menu Mentahan

Sasabuse Menu Mentahan


Semua orang ingin makam makanan yang bergizi. Lebih lagi dengan cara penyajian yang menarik, benar dan sehat. Dalam perkembangan jaman, menu makanan kuno ini akhirnya menjadi menu jamu yang sehat dan segar. Dengan ramuan yang terukur, ramuan sari sayur buah segar ini ini disajikan sebagai minuman yang sungguh sangat segar, melebihi es kopyor.

Mengapa sari sayur buah segar (SASABUSE) ini tidak dimasak lebih dahulu.
Alasannya adalah sbb:

- Sasabuse mendekatkan diri dengan Allah Sang Pencipta
- Sasabuse masih murni dari alam
- Kandungan mineral sasabuse tidak hilang
- Sayur dan buah yang dimasak kehilangan 30 – 80 gizinya
- Makanan segar dan sasabuse lebih gampang dicerna, apalagi hanya diambil sarinya (4 jam), disbanding makanan dimasak dicerna setelah 3 hari.
- Makanan segar (sasabuse) bergizi tinggi dan lengkap sesaui yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan, pertumbuhan, perawatan dan perbaikan sel-sel tubuh.
- Sasabuse menghindarkan diri dari penyakit berbahaya
- Setelah makan sasabuse cenderung lebih segar, lebih bertenaga dan tidur lebih nyenyak
- As abuse menghilangkan bau badan dan nafas bau
- Sasabuse tidak menyebabkan gejolak sel-sel tubuh
- Sasabuse menyegarkan ingatan, pikiran dan konsentrasi
- Sasabuse menolong menstruasi dan menopause
- Sasabuse bisa menaikkan dan bisa menurunkan berat badan
- Sasabuse sebagai pengendali selera makan, tidak merasa kenyang atau lapar
- Sasabuse lebih murah dan tidak perlu memasak
- Sasabuse lebih mudah disediakan dan disajikan dengan menarik
- Sasabuse masih penuh dengan enzima yang diperlukan tubuh manusia.


Tidak semua sayur dan buah, bagus dipakai sebagai sasabuse. Jenis sayur dan buahnya lihat dalam tabel. Pertanyaan mengapa harus mengambil sari dari sayur dan buah, alasannya adalah sbb:

1. Sari adalah inti. Jadi ambil saja intinya karena ampasnya tidak diperlukan.
2. Sari sayur dan buah dapat dengan sangat cepat memenuhi kebutuhan sel-sel dan jaringan tubuh sehingga dengan segera pula dapat membangun sel dan jaringan tubuh yang rusak atau aus.
3. Karena hanya diambil sarinya saja, sasabuse menjadi minuman segar yang rasanya enak, sangat segar dan nikmat lebih dari minuman botol seperti fanta.
4. Makan sayur dan buah membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa dicerna dan diserap ke dalam sel-sel dan jaringan tubuh.
5. Dengan minum sari sayur dan buah, hanya diperlukan beberapa menit saja untuk bisa dicerna dan diserap sel-sel dan jaringan tubuh tanpa membebani alat-alat penernaan.
6. Sasabuse berbentuk cairan dan diminum sehingga bisa pula mencukui kekurangan zat cairan pada tubuh dalam waktu beberapa detik saja.
7. Gizi sayur dan buah terdapat pada sarinya. Memang sari itulah yang diambil sehingga khasiatnya sangat manjur.
8. Sasabuse lebih bergizi, sangat penting untuk orang sakit

Adapun daftar sayur dan buah yang dipakai untuk sasabuse diantaranya adalah sbb:

Sayur : Asparagas, brokoli hijau, timun, kol, bunga kol, seledri, dandelion, lotus, bawang merang/Bombay, bawang putih, bayam, paprika, kacangpanjang, daun selat, kentang, wortel, peterseli, lobak, kelapa
Buah : apokat, apel, beet, jeruk lemon, papaya, strawberry, tomat, nanas, semangka, jeruk bali, jeruk manis, delima, mangga dll.

Perlu diperhatikan: agar sayur dan buah bersih dari segala kotoran termasuk sisa-sisa semprotan obat-obatan tanaman peptisida, bersihkan sayur dan buah dengan air mengalir, kalau perlu disikat. Waktu diambil sarinya, diparut atau diblender, sisa-sisa semprotan akan ikut pada amprasnya karena mereka alergi terhadap sari-sari sayuran dan buah-buahan.

Tentang resep-resepnya, boleh nanya langsung atau ke email atau ke HP 081393069363.

Terapi Sari Sayur dan Buah Segar

Minuman SASABUSE
Sari Buah dan Sayur Segar untuk Kebugaran

Di jaman kuno, konon menu Adam dan Hawa berupa biji-biji dan buah dari pepohonan buah. Setelah Adam dan Hawa berdosa lalu beranak pianak jadi buaanyak, menu makan bertambah dengan sayur-sayuran. Jadi hanya ada 3 macam makanan, yaitu buah, sayur dan biji-bijian. Ketiganya jadi menu makanan sehat lengkap yang dibutuhkan tubuh. Hebatnya, semuanya dimakan begitu saja, tanpa dimasak.

Tetapi di jaman kini, semua orang berlomba membuat menu masakan yang uennaaknya sampai maknyuuuus. Dimana-mana dipromosikan wisata kuliner dengan masakan yang sedap dan nikmat.

Menu pilihan Pak Bondan Winarno memang jangan dihindari, kalau perlu kita coba ngikuti wisata kulinernya Pak Bondan.

Tapi ingat, makanan berupa sayur dan buah yang tidak dimasak, sangat perlu dikonsumsi oleh tubuh agar tetap sehat, kuat, segar, penuh vitalitas dan panjang umur. Tubuh memerlukan kandungan mineral organis yang ada pada sayur dan buah segar tanpa dimasak.

Kata Profesor RA Nainggolan, ahli bedah Inggris, Dr William Arbuthnet Lane bilang, untuk nyegah penyakit caranya makan sayur dan buah segar tanpa dimasak. Tubuh akan dibersihkan dari sisa-sisa makanan yang sudah menumpuk di sel-sel dan jaringan organ tubuh. Lalu diisi dan diganti dengan makanan-makanan bergizi tinggi. Jika sisa makanan yang menumpuk tidak dibersihkan, berarti segera akan membusuk, akibatnya badan menjadi lemah dan sakit. Dimana ada pembusukan sisa makanan, maka pembusukan itu menjadi racun, akibatnya disitulah ada penyakit.

Perlu diinghat bahwa sel-sel tubuh setiap hari pasti ada yang rusak atau aus. Jika tidak diganti, mereka jadinya akan busuk jadi racun. Pergantian sel baru diisi dengan cara makan makanan segar yang berisi mineral, vitamin dan enzima.

Jika orang terlalu banyak makan makanan yang dimasak, meninggalkan makanan segar, maka di dalam tubuhnya akan menumpuk sisa-sisa makanan. Mereka bisa jadi telah membatu, maksudnya jadi batu. Ada juga sisa lendir-lendir minyak. Ini juga menyumbat sistem pekerjaan tubuh. Apakah minum obat pil dari dokter membantu? Bisa juga, tetapi ada kian banyak bahan kimia yang masuk ke tubuh. Padahal tubuh itu harus dibersihkan dari bahan-bahan kimia, kotoran sisa-sisa makanan dan lendir yang menempel di sel-sel dan jaringan tubuh.

Lalu gimana cara membersihkan tubuh dari kotoran?

Tubuh itu harus dibersihkan dengan bahan yang organis. Bahan itu ada pada sayur dan buah segar yang tidak usah dimasak. Ambil saja sari sayur dan buah itu sehingga menjadi minuman yang segar. ‘SARI SAYUR BUAH SEGAR’ yang aku beri nama SASABUSE berguna dapat cepat diserap untuk mengganti sel-sel yang rusak dan membersihkan tubuh dari racun-racun yang mengendap di bagian-bagian tubuh.

Perlu Enzima

Enzima itu energi alamiah yang ngumpet di biji buah dan sayuran. Ia berwujud makanan yang berguna sebagai pemberi hidup pada tubuh. Enzima amat rumit karena dia bukan zat. Enzima ini memungkinkan terjadinya pencernaan dan penyerapan makanan di dalam tubuh. Bentuk enzima itu kayak watt listrik, magnit atau energi. Jadi tidak nampak. Namun ia bekerja sebagai penggerak zat-zat pada tubuh yang dihuninya di tubuh manusia dan tanaman.

Intinya, dengan enzima, tubuh manusia bisa tumbuh dari bayi hingga dewasa. Dengan enzima, tanaman bisa jadi pohon. Bedanya dengan bawang yang sudah dimasak, enzimanya sudah mati. Ia tak bisa tumbuh walau ditanam di tanah yang subur. Ia pasti membusuk.

Sama halnya makanan yang telah dimasak lalu dimakan, makanan ini tidak akan menumbuhkan sel-sel baru di tubuh dengan baik karena enzimanya sudah mati. Makanan masak hanya mempertahankan hidup tetapi tidak memperpanjang hidup. Maka mulai sekarang harusnya makan makanan segar agar tubuh lebih sehat untuk memperpanjang usia kita.


Lebih jelasnya ikuti dialog Pakde, ahli SASABUSE yang sedang ngrumpi dengan keponakannya sbb:

Tanya : Pakde koq kelihatan seger terus padahal sudah 70 tahun.
Jawab : Ya. Nggak seperti kamu, kan? Masih muda koq sering sakit. Ntar tuanya panen penyakit. Penyakit itu jangan ditabung, dilihat aja jangan. Maka hiduplah secara sehat.

Tanya : Mengapa orang bisa sakit, Pakde?
Jawab : Karena tidak ngikut hukum kesehatan. Terlalu banyak makan makanan
berlemak, berkolestrol tinggi dan berlendir. Sisa makanan kayak begitu akan
menumpuk di usus, menempel di dinding pembuluh darah dan di dinding saluran
makanan.

Tanya : Memangnya kenapa kalau menempel di dinding usus dan saluran makanan?
Jawab : Itu bikin penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah. Jadi penyerapan makanan dan gizi akan terhalang. Meski makan banyak dan bergizi, sari makanan itu telah berkurang kualitasnya. Ini akibat sempitnya saluran makanan. Tentu sisa-sisa itu akan membusuk dan jadi racun.

Tanya : Terus akibatnya apa?
Jawab : Orangnya jadi lemah sebab sel-sel tubuh kekurangan gizi berkualitas, bahkan sel yang rusak tak bisa diganti dengan cepat. Jadinya orang sakit karena tak punya daya tahan tubuh. Seperti kamu itu!

Tanya : Kalau terlanjur sakit, bagaimana ngobatinya?
Jawab : Orang sekarang kan langsung ke dokter lalu mondok di RS.
Tanya : Kalau Pakde pasti enggak, kan! Aku minta gimana cara ngobatinya saja.
Jawab : Gampang! Pakai saja SASABUSE, itu ‘Sari Sayur dan Buah Segar’.
Tanya : Cuma Sayur dan Buah? Apa manjur?

Jawab : Ingat lho, obat dokter atau pembedahan di RS memang bisa sembuh, tetapi punya effek melemahkan sel-sel tubuh. Jadi tetap sehat tanpa penyakit adalah lebih baik.
Tanya : Obatnya Sasabuse itu? Apa sih guna sasabuse itu?
Jawab : Gini lho. Umpamanya mesin mobil kan butuh pelumas, tubuh kita juga begitu. Tubuh kita ini punya mesin yang lebih rumit dibandingkan mesin mobil atau HP terkini. Jadinya tubuh ini harus dirawat baik-baik agar terus berfungsi normal dan sehat.

Tanya : Jadi jangan menunggu sampai penyakit datang lalu diobati? Selalu harus cegah, cegah, cegah. Tetapi kos hanya sayur dan buah saja…???
Jawab : Bukan sayur dan buahnya, tetapi sari sayur dan buah. Pokoknya jangan memasukkan sembarang makanan ke dalam mulut. Ini bukan melarang makan daging dan nasi, lho, bukan pula melarang kamu makan di resto! Tetapi minum sari sayur dan buah sesuai porsi adalah lebih baik dari pada makan ngawur saja.

Tanya : Tolong jelasin, Pakde!.
Jawab : Dengar hasil riset Dr Joy Hoffman di Himalaya. Orang-orang Hunza yang tinggal di Himalaya menduduki rekor sebagai suku yang berusia paling panjang dan punya kesehatan paling prima. Disana, orang yang berusia 100 tahun masih bisa naik turun gunung! Makanan mereka biasa saja. Mereka hanya makan sayur dan buah segar ditambah kacang-kacangan. Itupun hanya dimakan mentahan. Tanpa perlu dimasak, tak butuh lauk pauk. Makanya tidak usah berburu babi karena tidak makan daging. Mereka tak butuh kompor, karena nggak pernah dimasak.

Tanya : Yang bener aja…. Coba terangkan dulu tentang orang Hunza.
Jawab : Kebanyakan usia mereka mencapai 120 – 140 tahun. Kamu tahu wilayah pegunungan Himalaya kan. Daerah ini punya udara sangat bagus, segar tanpa polusi. Tumbuhan hidup tanpa dirabuk. Air mengalir jernih, tanpa perlu direbus bisa diminum. Mereka meninggal bukan karena penyakit, tetapi karena usia tua.

Tanya : Lalu apa resep mereka bisa berusia panjang?
Jawab : Selain udara bersih, mereka tidak punya rasa iri, tidak material, hidup gotong royong, tidak punya tekanan bathin dan yang paling penting, hidup dengan makan sayur dan buah segar 80 persen setiap harinya.

Tanya : Jadi jenis makanan apa yang jadi zat pembakar tubuh?
Jawab : Semua makanan adalah sumber energi. Tetapi ikuti aturan hukumnya. Seperti hukum yang mengatur tata surya, maka ada juga hukum yang mengatur tubuh kita. Untuk apa bermewah diri naik BMW jika tubuh kita keropos?

Tanya : Ok. Orang kuno hidup lebih lama dibanding manusia modern yang usianya lebih pendek. Artinya apakah kita nggak percaya pada kemajuan ilmu kedokteran.
Jawab : Lho, tadi kubilang, lebih baik nyegah daripada sakit lalu diobati. Bener, kan…? Buktikan usia-usia orang jaman kuno ini:
a. Nabi Adam dewasa usia 130 tahun, wafat usia 930 tahun
b. Nabi Nuh dewasa usia 100 tahun, wafat usia 950 tahun
c. Nabi Ibrahim, dewasa usia 27 tahun, wafat usia 175 tahun

Tanya : Benar Pakde, sampai seribu tahun? Usia orang sekarang baru 60 sudah peot.
Jawab : Mc Coy, ahli manusia dari Universitas Cornel menyebut usia manusia 140 tahun. Dr Toben Delli dari International Association of Gerontology bilang 120 tahun. Konvensi ahli-ahli manusia sedunia di Denmark 120 tahun atau 6 – 7 kali usia dewasa. Nyatanya manusia modern hanya bisa 2,7 – 3 kali usia dewasa. Buktinya, jika usia dewasa 20 tahun, kebanyakan orang modern sudah mati di usia 60 – 70 tahun.

Tanya : Jadi mengapa begitu, Pakde?
Jawab : Makanan itu sumber energi, juga untuk penghangatan, penguatan tubuh dan mengganti bagian sel-sel tubuh yang rusak. Tahu nggak, setiap hari, ada saja bagian sel tubuh yang rusak. Itu harus diganti dan dibangun yang baru.

Tanya : Setiap hari???
Jawab : Iya benar. Tubuh manusia terdiri atas unsur-unsur atom, misalnya oksigen, nitrogen, karbon, hydrogen, fosfor, silicon, sodium, belerang, zat besi, klorin, potassium, kalsium, magnesium, iodine, dsb. Karena manusia butuh hidup, unsur-unsur tubuh itu harus dipenuhi kebutuhannya agar tetap sehat dan kuat.

Tanya : Apa pengaruhnya jika salah satu unsur itu tidak dipenuhi?
Jawab : Ya tidak sehat. Istilahnya toxemia artinya keracunan atau sakit
Tanya : Lalu gimana caranya memenuhi sel-sel tubuh itu?
Jawab : Manusia harus makan jenis makanan yang berhubungan dengan tanah.

Tanya : Aduh, tapi bukan cacing, kan…?
Jawab : Ya bukan! Di tanah itu ada 16 jenis mineral utama, sama dengan mineral yang ada dalam tubuh manusia. Tapi apa kamu mau makan tanah? Tanah bukan makanan karena mineralnya mati atau bersifat an-organis. Unsur sel tanah itu diproses dulu oleh tumbuhan dan tanam-tanaman agar bersifat organis dan bisa masuk mulut manusia.

Tanya : Ooo ya, itu di buku pelajaran ada koq. Tanaman mengubah mineral tanah yang anorganis menjadi organis. Tanaman butuh sinar matahari dan air, lalu tumbuh menurut jenisnya. Dari berjuta tanaman, hampir semuanya berguna bagi tubuh manusia. Tetapi katanya semua makanan adalah sumber energi. Apa akibatnya bagi tubuh jika makanan yang masuk tidak bergizi?
Jawab : Tentu tubuh jadi lemah dan kurus. Makanan buruk, mineral organisnya tidak ada dan unsur-unsur zat hidupnya sudah rusak.

Tanya : Jadi orang Hunza selalu makan makanan yang unsur organisnya masih segar?
Jawab : Benar, mereka makan sayur segar, buah segar dan biji-bijian. Nabi Adam dan Ibu Hawa juga hanya makan tumbuhan. Itulah jenis makanan terbaik bagi manusia, karena sudah memenuhi kebutuhan lemak, protein, vitamin dan karbohidrat di dalam tubuh.

Tanya : Apa saja unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh dan apa pula fungsinya?
Jawab :
- Tubuh butuh protein, gunanya untuk pertumbuhan, mengganti atau memperbaiki sel yang rusak dan membangun daya tahan tubuh.
- Tubuh butuh karbohidrat, gunanya sebagai sumber tenaga.
- Tubuh butuh lemak, gunanya sebagai sumber tenaga, penghangat dan pelindung organ-organ penting seperti jantung, hati dan paru-paru.
- Tubuh juga butuh mineral seperti kalsium, khlor, fosfor, yodium dsb. Gunanya sebagai pembuat hemoglobin agar tubuh jadi kuat, karena bisa mengatur metabolisme tubuh.
- Tubuh butuh vitamin, gunanya agar urat saraf sehat, bisa mencegah pendarahan, terus menumbuhkan sel yang rusak, menyehatkan gigi dan mencegah infeksi.
- Tubuh butuh enzim dari makanan untuk memperpanjang usia.

Tanya : Ya udah Pakde, bagaimana cara mengkonsumsi sasabuse?
Jawab : Tinggal bikin atau beli aja. Sayur dan buah diblender atau diparut, sarinya diperas, lalu diminum. Gampang kan?
Tanya : Mengapa nggak makan sayur atau buahnya saja?
Jawab : Buah itu ada ampasnya. Ampas itu nggak dibutuhkan kecuali hanya pengganjal perut. Kalau minum sarinya, itu lebih cepat meresap di sel tubuh, paling 5 menit. Kalau makan sayur dan buahnya butuh waktu 4 jam untuk dicerna sel-sel tubuh.

Tanya : Tetapi, mengapa harus mentah? Moso makan sayur mentah?
Jawab : Karena unsure organisnya belum mati, itulah yang dibutuhklan tubuh. Sayur itu hanya diambil sarinya saja, lalu dicampur dengan buah, rasanya seger banget.

Tanya : Oh gitu. Pakde, aku minta catatan sayur dan buah yang mengandung komponen, zat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.
Jawab : Ok boleh. Lihat resepnya, lengkap dengan pencegahan untuk penyakit apa! Mulai saat ini, minum saja sasabuse, itu minuman sari sayur buah segar, lebih segar dari pada minum cocacola dan sejenisnya, dan bisa berdaya tahan lebih dari 2 botol kratengdaeng. Bener koq... lihat Pakde... fit dan terus tampak segar penuh fitalistas, ya kan....

Minggu, 12 April 2009

Ilmu Pengetahuan Populer 5

Ernest Hemingway
- Untuk Siapa Lonceng Berbunyi` Matahari juga Terbit, Kematian di Siang Hari dan mahakarya Orang Tua dan Laut atau The Old Man and The Sea yang mendapat nobel sastra. Pengarangnya adalah Ernest Hemingway. Di senja hidupnya, ia merasa bangga karena dua orang cucu perempuannya malah lebih tenar dari dirinya setelah keduanya mendapat peran dalam film yang mencapai box office dunia.

Khalil Gibran
- Ahli filsafat dan penyair asal Libanon, Kalil Gibran sangat mengilhami banyak komponis untuk menulis lirik-lirik yang berasal dari puisi Gibran. Ia lahir pada 6 Januari 1883 dan meninggal pada 10 April 1931 di AS karena setelah menikah dengan gadis Amerika, Gibran menetap di AS. Karya legendarisnya adala buku berjudul The Prophet.

Empat Patung Kepala Presiden AS
- Pematung hebat Gutzon Borghun meninggalkan karya indah yang bisa memberi cirri khas Amerika Serikat. Borghun membuat karya dahsyat di Mount Rushmore berupa empat patung raksasa mantan-mantan preisiden AS. Keempat mantan preisiden itu adalah: Theodora Roosevelt, Thomas Jefferson, Goerge Washington dan Abraham lincolin.

Gorah
- Akar tumbuhan Srigunggu digunakan oleh para linuwih untuk dibuat ramuan yang amat berguna bagi pelaku infotainment dari dunia nyanyi. Jamu ini amat dahsyat gunanya bagi penyanyi yang ingin membuat merdu dan yaring suaranya dengan cara gorah.

Karavan Gypsi
- Berwisata mengenal alam seperti ke gunung, sungai, laut dsb, orang-orang menggunakan kemah untuk berteduh dan istirahat. Tetapi para petualang murni seperti para Gypsi, mereka menggunakan gerobak tertutup yang terus berjalan dengan daya guna dapat hidup di alam bebas. Gerobak kayu milik para petualang Gypsi ini disebut Karavan.

Kalpataru hanya Khayalan
- Pohon Kalpataru yang berbentuk indah sering dimaknai secara mistis. Kalpataru dipercaya sebagai pohon kehidupan yang memberikan janji penuh rejeki. Pohon ini menjadi simbol kemakmuran dan keseimbangan mokrokosmos dan makrokosmos yang bersifat abadi. Pada kenyataannya, pohon Kalpataru tidak ada di alam nyata, karena hanya ada di angan-angan. Padahal pohon Kalpataru menjadi lambang bagi kebaktian lingkungan hidup dan bagi yang memperoleh penghargaan Kalpataru seolah-olah merupakan sebuah anugerah.

Twinsday
- Yayasan Nakula – Sadewa adalah yayasan yang dipelopori oleh Kak Seto Mulyadi sebagai ajang paguyubannya orang-orang kembar di Indonesia. Di AS, sepasang saudara kembar Aaron dan Moses Wilsox menghibahkan sebuah taman luas di kota Twinsburg Ohio yang dimaksudkan sebagai tempat bagi orang kembar untuk mengadakan pertemuan rutin dan membuat hari kembar sedunia dengan nama Twinsday.

Lomba Pacuan Kerbau
- Karapan sapi sangat terkenal di Madura. Di Bali ada lomba serupa, tetapi binatang pacuannya bukan sapi tetapi kerbau. Kerbaunya menarik gerobak kecil dengan seorang joki. Lomba kerbau joki di Bali ini dinamai Makepung, artinya kejar-kejaran.

Phnom Rung
- Propaganda Thailand berhasil. Sekolompokn warga diberi kaos kostum diberi gambar lambang patung dewa Wisnu terbaring di punggung seekor naga dengan tulisan ‘Stollen from Thailand’. Akhirnya patung keramat itu kembali ke Thailand setelah 20 tahun hilang dicuri dari Candi Phnom Rung. Patung ini ditemukan di sebuah museum di Chichago.

Pohon Plato
- Sebuah pohon zaitun kuno dan sangat tua berusia 3000 tahun, tumbang karena ditabrak bus. Pohon ini sebenarnya sudah dilestarikan dan dijaga ketat, tetapi bus penabraknya memang sedang ngantuk. Alasan pelestarian pohon zaitun ini karena pohon ini adalah pohon sejarah filsafat dunia. Di bawah pohon inilah, filsuf dunia Plato mengajarkan pemikirannya pada para muridnya diantaranya Aristoteles, sehingga pohon zaitun ini dinamai pohon Plato.

Kutukan Osiris
- ‘Maut akan segera menjemput mereka yang menyentuh makam Firaun’. Begitulah misteri bunyi kutukan Firaun. Misteri ini hidup kembali setelah seorang peneliti, tepatnya arkeolog AS bernama Lord Carnarvon meninggal di Kairo ketika sedang mengadakan penelitian arkeolog mendalam di makam Osiris. Kalangan medis mengatakan bahwa ia meninggal karena radang paru-paru dan keracunan darah. Tetapi penduduk lokal percaya bahwa ia terkena kutukan Osiris.

Diary Penghuni Kamp Hittler
- Seorang gadis kecil Bosnia, Zlata Filipovic yang hidup di kamp-kamp persembunyian di Jerman di jaman Hittler, menuliskan pengalamannya secara arian selama di kamp dengan keluarganya. Buku harfian ini menceritakan kepedihan selama dikejar-kejar Nazi di kamp-kamp hingga akhirnya tertangkap dan meninggal pada 13 Maret 1945. Buku hariannya kemudian diterbitkan menjadi sebuah novel berjudul Diary of Anne Frank.

Suku Barbar
- Gurun Sahara sebagai gurun terbesar di dunia ini terletak di Afrika Utara. Menurut bahasa Arab, Sahara berasal dari kata Sahra yanmg artinya kehampaan. Kenyataannya keadaan di Sahara betul-betul sepi, keras, panas dan terpencil. Unta merupakan satu-satunya alat transport yang dapat melintas disana. Tetapi ternyata ada sebuah suku yang mampu bertahan hidup di Sahara, yakni suku Barbar.

Mata-mata Prancis diIndonesia
- Wanita Perancis yang kawin dengan opsir Belanda Rudolf Mac Leod ini pernah hidup di Indonesia selama 7 tahun. Setelah bercerai, ia pulang ke Perancis dan hidup sebagai penari striptease. Pergaulannya dengan agen-agen spionance membuatnya mudah mendapatkan, lalu menjual dokumen-dokumen rahasia. Margeretha Gertrud Zelle, wanita akhirnya bisa menjual rahasia rencana penyerangan Chemindes Dames kepada Jerman sehingga Perancis kalah perang yang menyebabkan 50 ribu jiwa tentara Perancis mati mengenaskan. Wanita yang mendapat julukan Matahari itu ditangkap dan diukum mati. Kisah riwayat hidupnya difilm dengan judul Matahari dan beredar pula di Indonesia.

Jeanne d'Ars
- Jika ada penjahat wanita, ada pula wanita pahlawan dari Perancis. Namanya amat terkenal, Jeanne d’Ars. Jeanne berasal dari Desa Lorraine Perancis, tetapi terkenal sebagai pahlawan Orleans. Ia mempin pasukan Perancis melawan pasujkan Inggris yang mengepung wilayah Perancis. Sayangnya ia tertangkap pasukan Inggris dan dihukum bakar sampai mati.

Tembok Berlin
- Eric Honecker adalah penerus Ulbicht yang tidak mampu mempertahankan keberadaan tembok Berlin. Tembok ini dibangun untuk memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur. Tembok ini telah makan korban ratusan orang Jerman Timur yang berusaha kabur ke Barat dan meloncat dari tembok ini. Orang pertama yang berhasil meloncat dengan aman di tembok Berlin adalah Conrad Schumann.

Snounck Hurgronye
- Tahun 1889 seorang muslim Belanda datang ke Indonesia untuk menjadi penasihat kolonial urusan pribumi dan agama Islam. Snounck Hurgronye inilah orang bule pertama arsitek kebijaksanaan Islam pada jaman Belanda di Indonesia.

Bapak Palang Merah
- Korban perang Solferino bergelimangan tak terurus. Tenaga medis kurang, sukarelawanpun tak ada. Seorang bankir dermawan yang punya rasa sosial tinggi, Jean Henry Dunant, langsung mendirikan Palang Merah Internasional untuk mengurus korban perang dan bencana lainnya. Dunant akhirnya dianugerai gelar Bapak Palang Merah Dunia.

Gunung Aconcagua Norman
- Sebuah buku berjudul ‘Mendaki Gunung, Sebuah Tantangan Petualangan’ adalah buku karya Norman Erwin. SI Beruang Gunung, begitulah julukannya. Dialah pendaki gunung paling piawai di Indonesia. Semua gunung di Indonesia pernah ditaklukkannya. Ia juga mampu menembus 7 puncak gunung paling eksklusif di dunia. Namun ia tewas bersama Didiek Samsu saat mendaki di puncak gunung Aconcagua di Argentina Amerika Selatan.

Ilmu Pengetahuan Populer 4

5 Tokoh Gerakan Non Blok
- Ada 5 tokoh penggerak Gerakan Non Blok. Mereka adalah Yoseph Broz Tito, Gamal Abdul Nasser, Kwame Nkumah, Jawaharlal Nehru dan Soekarno.

4 X Terpilih Presiden AS
- Hanya ada satu presiden AS yang bisa terpilih hingga 4 kali. Tetapi tahun 1945 ketika akan memulai jabatan keempat kalinya setelah memerintah 12 tahun sejak tahun 1933, ia meninggal dunia karena penyakit tekanan darah tinggi. Padahal selama memerintah, ia bisa lolos sebanyak 5 kali dari usaha pembunuhan. Presiden yang memerintah hampir 4 kali itu adalah Franklin D Roosevelt.

Pasukan Khusus Presiden AS
- Keamanan presiden AS dan keluarganya menjadi tanggung jawab penuh petugas keamanan khusus, dimanapun presiden dan keluarganya berada. Mereka berpenampilan sebagai manusia berbodi tangguh, berkaca mata itam, dan membawa perlengkapan senjata mutakir dan modern. Menjadi pasukan US Secret Servis, sangat didambakan pasukan tentara AS demi menjaga keamanan presiden AS dan keluarganya.

7 Negara Rebutan 1 Pulau
- Lautan Cina Selatan membawa masalah. Tujuh Negara saling berebut dan ingin memiliki suatu wilayah kepulauan yang diduga mengandung lading minyak bumi yang berlimpah. Hal ini membawa hubungan buruk dua Negara yang saling ngotot mengakui sebagai wilayahnya, yakni China dan Phillipina. Kepulauan Spratly memang direbut 7 negara yakni, Indonesia, Malaysia, Singapuara, Taiwan, Vietnam, China dan Philipina.

KulitHitam I Pencalon Presiden AS
- Sebelum Barrak Obama terpilih sebagai presiden berkulit hitam di AS, sebelumnya tahun 1984, AS pernah digegerkan oleh pencalonan Jesse Jackson, figure kulit hitam yang juga mencalonkan diri sebagai presiden kulit hitam pertama di AS. Jacksopn akirnya kalah oleh Ronald Reagen dalam pemilihan pendahuluan di sesame partai democrat.

Glassnot Gorbachev
- Lewat Perestroika dan Glassnot gagasan presiden Soviet Gorbachev tahun 1984, Soviet akhirnya membuka diri sebagai salah satu pengikuti globalisasi hingga banyak Negara-negara bagian Soviet yang merdeka. Sebenarnya China sudah lebih dahulu membuka diri dengan reformasi tahun 1978 yang dinamai ‘gaige’. Mereka akhirnya membuka hubungan dnegan dunia barat, hingga kini. Politik pintu terbuka China ini dinamai Kaifang.

Pulau Napoleon Bonaparte
- Napoleon Bonaparte yang lair di Corsica, mengangkat diri sebagai kaisar Perancis yang pada akhirnya hayatnya dibuang oleh lawan politiknya di sebuah pulau bernama pulau Elba. Pulau ini berada di Laut Tengah.

Roosevelt vs Wiston Churchil
- Pertemuan presiden AS Franklin D Roosevelt dengan PM Inggris Wiston Churchil di tengah samudra Altantik dalam sebuah kapal penjelajah menghasilkan ‘Altantik Charter’ yang menajdi cikal bakal terbentuknya badan dunia PBB menggantikan Liga Bangsa-bangsa. Di tengah samudra itu, mereka berada di sebuah kapal penjelajah bernama ‘Atlanta’.

Choen En Lay mau PBB Baru
- PBB terlalu disetir oleh AS seingga mengundang pro kontra yang menyebabkan PM China Chou En Lay menyerukan pembentukan PBB yang bebas dari pengaruh AS.

Galileo
- Galileo membuat teleskup yang melengkungkan cahaya melalui lensa cembung dengan system reflector, sehingga memperbesar obyek-obyek kecil 30 x lebih besar. Sedangkan Issac Newton dengan menggunakan reflector mengumpulkan cahaya pada sebuah cekung yang dipantulkan kembali lewat cermin lain sehingga memperjelas obyeknya.

Keliling Amerika berhadiah 50 Dolar
- Seorang dokter AS bernama dr Nelson Jackson menang taruhan sebesar 50 dolar AS. Ia menang taruhan sebagai orang AS pertama yang mengelilingi Amerika dengan mobil selama 63 hari dan menempuh jarak 9600 km. Dengan menang taruhan 50 dollar, dr Nelson Jackson mengeluarkan uang dalam perjalan itu sebanayk 8000 dolar AS.

Tembok China
- Tembok China yang terkenal itu membujur 3700 mil dari Shanhaignan hingga gurun Gobi. Tembok ini diperkirakan bisa menampung 100 juta wisatawan. Tembok ini dibangun untuk mempertahankan diri dari serangan musuh seperti serangan dari bangsa Bar-bar dan Mongol. Inilah salah satu dari 7 keajaiban dunia peninggalan dinasti Qing.

Tinggu Kembar di London dan New York
- London dan New Nork sama-sama mempunyai sebuah tugu kembar yaitu tugu Cleopatra. Tugu ini berasal dari Heliopelis dan sudah berumur sekitar 1500 tahun. Tugu itu dibawa ke Inggris dan As pada tahun 1919.

Babylonia
- Negara paling kuno Babylonia punya rakyat yang juga sebagai bangsa-bangsa paling tua di dunia. Balylonia terletak di anatara sungai Eufrat dan Tigris di wilayah Irak. Kebesaran negara Babylinoa terletak pada peninggalan yang hingga kini menjadi salsah satu dari tujuh keajaiban dunia, yakni Taman Gantung berunduk-unduk.

Pelukis Gila Belanda
- Pelukis gila Vincent van Gogh berasal dari Belanda. Disebut gila karena pelukis hebat ini memang aneh. Ia pernah memotong kupingnya dan irisan telinganya ini dikirim kepada seorang pelacur pujaannya. Van Gogh akirnya menembak diri sendiri dan tewas karena tidak tahan terhadap penyakit yang menggerogoti tubuhnya, yakni, epilepsi dan pusing tujuh keliling.

Salvador Dali
- Tak beda dengan pelukis Salvador Dali. Karya lukisannya bahkan bertema kematian. Ia juga suka melukis kotoran, padahal kotoran itu menurut pandangannya adalah sebagai lambang keburukan. Hingga kini belum ada pelukis surealis yang punya nama sebesar nama Dali.

Dr Zhivago
- Siapa sastrawan yang tak kenal nama Boris Leonidovich Pasternak adalah pencipta karya Dr Zhivago dan atas karyanya ini ia mendapat hadian nobel di tahun 1958. Sayangnya, ia tidak berani mengam bil adiah itu karena diancam para sastrawan bangsanya sendiri.

Frankenstain
- Tiga orang sastrawan Perancis berlomba membuat novel supernatural. Tetapi hanya Mary Shelley yang bisa menghasilkan karya abadi, Frankenstain. Shelley akhirnya memilih salah satu saingannya menjadi suaminya. Novelnya sampai kini telah berkembang menjadi berbagai versi yang difilmkan dengan berbagai jenis. Ceritanya tentang mahasiswa Ingoldast yang bisa membuat monster dari seonggok mayat. Namun monster itu akirnya dendam kepada penciptanya karena memberinya hidup tanpa memberi pasangan hidup.

Downing Street no 10
- Pengarang Arthur Conan Dayle adalah pencipta detektif Sherlock Holmes. Detektif fiktif ciptannya ini mampu membongkar berbagai masalah pelik kriminalitas, utamanya pembunuhan dalam cerita-cerita detektif berjudul Sherlock Holmes karangan Dayle. Uniknya sang detektif mempunyai sebuah kantor di jalan Downing Street no 10. Harap diingat bahwa alamat tersebut adalah kantor hampir semua PM Inggris sejak 1735 hingga kini.

Copet Pengkhayal Winnetu
- Ada pengarang pengkhayal kelas dunia yang berasal dari dunia hitam. Karl Frederich May adalah copet dan penipu ulung. Ia mampu menguasai 30 bahasa dan sebagai penipu, ia mengaku sebagai seorang dokter. Karl May akhirnya tertangkap dan dimasukkan ke bui. Di penjara ia selalu berkhayal tentang suatu petualangan hebat di dunia Indian yang belum pernah dialaminya. Oleh sipir penjara, ia disarankan untuk menuliskan khayalannya. Jadilah Old Shaterhand dan Winnetu menjadi karangan spektakuler dan sangat terkenal hingga dibuat komik bergambar yang sangat laris.

Obahorok
- Pernah mendengar tentang nama Obahorok? Ia adalah kepala suku di lembah Baliem Papua yang sangat terkenal di jaman Soeharto. Obahorok telah kawin dengan lebih dari 35 wanita sesama sukunya dan dengan suku-suku yang dikalahkannya. Ini tak mengherankan karena dia memang vini vidi vici sebagai penggemar perang antar suku dan agresor kesohor suku-suku Papua. Ia masih memaki koteka jika menjadi kepala suku, tetapi berbaju batik jika ke Jakarta untuk bertemu presiden RI dan minta bantuan sapi perah.

Eksperimen Seks Wanita AS
- Wynn Sargent adalah seorang wanita AS yang berkerja sebagai peneliti suku-suku asing di pulau-pulau terpencil. Wynn pernah mengadakan eksperimen seks, kawin dengan seorang kepala suku Papua di lembah Baliem, Obahorok. Setelah Obahorok meninggal, ia melakukan hal serupa dengan kepala suku di pulau-pulau lautan Pasifik.

Amy Tan
- The Joy Luck Club adalah novel karya Amy Tan, emigrant China di AS. Buku te best seller ini mengisahkan hubungan antara seorang ibu dan anaknya. Buku ini telah diterjemahkan dalam 19 bahasa dan meraih Ivy Mass Market Besseller dan meraih pula Bay Area Book Reviewers Award tahun 1990.

Riyoko Ikeda
- Kisah yang menceritakan konflik kerajaan Perancis amat menarik. Khususnya tentang isteri putera Mahkota Louis XVI bernama Maria Antoinet yang bersaing dengan ibu mertuanya, permaisuri Louis XV untuk menguasai kerajaan seperti yang digambarkan dalam film Lady Oscar. Kisah ini ditulis dalam buku berjudul the rose of Versailles, sebuah komik fiksi. Lucunya, buku ini malah ditulis bukan oleh orang Perancis, tetapi oleh wanita Jepang bernama Riyoko Ikeda.

Ilmu Pengetahuan Populer (3)

Kalender Tertua
- Kalender tertua dibuat tahun 4245 SM di jaman Mesir kuno. Tahun 3529 SM raja Numa Pompilius dari Romawi membuat tanggalan model baru yang menjadi acuan kalender hingga kini.

1 Jam = 15 derajad
- Ukuran perhitungan waktu dihitung berdasarkan perputaran bulan, bumi dan matahari. Dalam 1 hari bumi beredar 360 derajad pada sumbunya. Bulan mengelilingi bumi dalam 30 hari dan bumi mengelilingi matahari dalm 365 hari. Dalam 1 jam bumi beredar pada sumbunya hanya 15 derajad.

Trias Politika Gandhi
- Mohandas Gandhi (1869-1948) pejuang India, baru berjuang untuk negaranya tahun 1915. Sebelumnya ia berjuang bagi persamaan hak di Afrika. Senjata utamanya adalah Trias Politika. Ini mengantar India merdeka dari Inggris. Ia mendpat gelar Mahatma yang berarti Pemimpin yang arif dan suci.

Tower of London
- Bangunan kuno di Inggris yang merupakan benteng dan istana raja, bentuknya menara-menara, dikelilingi oleh tembok tinggi dan parit. William Sang Penakluk adalah pemulai pembangunan gedung-gedung ini. Satu bangunan termegah menyimpan mahkota raja-raja Inggris bernama Tower of London.

Ibukota AS Pindah
- Presiden AS Goerge Washington adalah presiden yang memindahkan ibukota AS dari Philadelphia ke Washington. Arsitek pembangunan kota Washington adalah pria kulit hitam bernama Benyamin Benneker.

Monalisa Disimpan
- Di Perancis, ada suatu museum piramide kaca yang diarsiteksi orang orang Amerika keturunan China, IP Pei. Namanya piramide kaca itu adalah Pyramide Louvre. Pei mengubahkan bangunan istana kuno yang sudah berdiri 8 abad sebelumnya. Di museum inilah lukisan terkenal Monalisa karya Leonardo da Vinci disimpan.

Tugu Korban Perang AS - Vietnam
- Banyak serdadu Amerika yang tewas ketika perang melawan Vietnam, sehingga dibuatlah sebuah monument peringatan di Washigton DC. Di monument itu tertulis 58.156 orng serdadu AS korban perang Vietnam terukir disana. Tugu ini juga karya arsitek wanita keturunan China Maya Ying Lin, dibuat tahun 1982 dan diberi nama Vietnam Veteran Memorial

Dua Menara Miring di Eropa
- Kini ada dua (2) menara miring di Eropa. Yang satu menara Piza di Italia dan sebuah menara di Inggris bernama Big-Ben. Sebab utama miringnya menara ini karena pembangunan kereta api bawah tanah, Jubilee Line yang galiannya hanya berjarak 27 meter dari menara. Adapun keistimewaan menara ini adalah adanya 4 buah jam besar untuk waktu seluruh dunia.

Istana Kremlin
- Istana Kremlin adalah symbol kekuasaan dan kekuatan Rusia. Bangunan ini dapat berfungsi sebagai benteng, museum, gereja, sanggar seni, pusat pemerintahan dan arena berpolitik. Dibangun abad 14 oleh Tsar Nicholas dipersembahkan untuk isteri tercintanya,, permaisuri Alexandra.

Air Murni
- Air yang direbus mendidih akan menguap. Jika uap ditampung, ia mengembun. Jika embun menetes dan ditampung lagi, maka air ini disebut air murni.

AGar Tidak Digigit Kuda
- Kuda juga suka menggigit, padahal kuda suka dibelai. Agar tidak digigit kuda, orang perlu melumuri tangan dengan cairan minyak tanah yang baunya tidak disukai kuda.

Kabel Bawah Laut
- Banyak kabel yang melintang di jalanan di berbagai sudud kota dan desa. Kabel itu bernama Overhead Cables. Adapun kabel yang tahan terhadap air laut dan dipakai untuk lintas pulau sebagai kabel bawah laut disebut submarine cables.


Jenis Kertas untuk Uang
- Uang kertas tidak mudah rusak meski dilipat berkali-kali, masuk keluar dompet, berpindah tangan bahkan tercuci. Bahannya terbuat dari kapas murni, diberi water merk ditambah benang pengaman. Menurut standart, uang kertas dapat dipakai sebagai uang kertas jika bisa dilipat hingga 3500 kali dan belum rusak.

Pulau Barbados
- Sebuah pulau di Karibia benama Pulau Barbados, terletak di selatan Suriname AS, terkenal dengan tari Limbonya. Pusat kotanya bernama Bridgeton. Dipandang dari laut, pohon-pohon di daratan pulau itu tampak mirip janggut di dagu, sehingga pulau itu disebut pulau janggut.

Mayat Adolf Hittler
- Mayat Adolf Hittler dikaui pemerintah Jerman hilang sejak bunuh dirinya. Konon mayatnya masih tersimpan di Jerman sampai taun 1970. Pimpinan KGB waktu itu, Yuri Andropov memerintahkan untuk dibakar agar tidak menjadi obyek ritual. Hittler mati bunuh diri pada tahun 1945.


Pol Pot
- Antara tahun 1975 – 1979, Khmer Merah membantai sepertiga penduduk Kamboja yang berjumla hanya 8 juta orang. Pemimpinnya Pol Pot berdalih bahwa pembantaian ini bermaksud untuk membentuk manusia Kambajo baru.

Perang Badai Gurun
- NAmanya menjulang ketika menjadi pangliman perang AS melawan Iraq untuk membebaskan Kuwait. Jendral Herbert Norman Schwarzkopf akirnya sukses mengembalikan Kuwait sebagai negara merdeka lepas dari pencaplokan Iraq. Perang AS vs Iraq di Kuwait dalam nama sandi perang disebut perang Badai Gurun Pasir atau p;erang teluk.

Ruku Tutsui
- Sebuah Negara kecil sekaligus miskin di Afrika sering mengalami perang saudara. Di Rwanda, ada dua suku yang sering terlibat perang, yakni suku Tutsi dan suku Hutu. Keduanya suku yang ingin berkuasa.

Idi Amin
- Presiden Uganda Idi Amin adala presiden paling nyentrik di dunia. Wajahnya menyeramkan, apalagi kulitnya hitam. Hobinya memmbunuh musuh-musuhnya dan daging musuhnya dimakannya. Idi Amin yang terkenal kejam ini mengangkat diri sebagai Kaisar, tetapi anya berjalan tidak lebih dari satu tahun. Presiden Negara tetangganya yakni presiden Tanzania, Nyerere langsung menyerang presiden kanibal Idi Amien tahun 1979 setelah terbongkar kasus bahawa Idi Amien adala seorang kanibal.

Pencipta Istilah Hari H
- Istilah Hari H atau lebi kerennya D-Day diciptakan oleh presiden AS Wiston Churchil. Istilah ini dibuat sebagai symbol rahasia militer penyerangan di sarang musuh pada masa PD II. D-Day yang paling terkenal adalah penyerangan sekutu pada tanggal 6 Juni 1944 ke Normandia.

Pasukan Pejabat Eropa
- Barangkali hanya inilah pasukan pengamanan militer yang jumlahnya terbatas, hanya 100 orang. Nama anggota pasukan Coors Helvica ini adalah para pengawal pejabat tinggi Eropa. Raja-raja jaman dahulu memakai jasa pasukan ini. Sekarang Pauspun menggunakan pasukan ini untuk melindungi keselamatan Paus. Pasukan ini dilatih kusus dan hanya ada di Swiss. Ia disewa untuk menjadi pasukan khusus pejabat di wilayah Eropa.


Rudak AS vs Soviet
- Ada dua rudal yang saling hantam dalam perang teluk atau badai gurun. AS menggunakan rudal Patriot yang mampu melumpukan rudak Iraq buatan Soviet bernama Scud-B. Oleh Irak, rudal Scud-B ini diganti namanya menjadi rudal Al-Hussein. Dua rudal yang saling gempur ini menjadi bintang dalam perang teluk.

SS dan Hittler
- Hittler punya pasukan khusus dalam membantai orang Yaudi Pasukan ini disebut pasukan SS. Pasukan inilah yang menghabisi beratus ribu orang Yahudi di kamp-kamp pembantaian perang dunia II. Singkatan dari SS adalah Schut Staffel.

Tiga Kekuatan Saddam
- Saddam Hussein berani menggempur Kuwait karena mempunyai 3 kekuatan elite yang sangat dibanggakannya. Pertama adalah pasukan tentara elile yang disebut Garda Republik. Kedua mempunyai gudang persenjataan militer yang disimpan hingga bertimbun-ptimbun. Dan ketiga mempunyai bunker-bunker di segala penjuru yang berisi lengkap dengan senjatanya dan cadangan makanan.

Pembunuh Kennedy
- The Texas Connection, buku karanagn Craig J Zirbel menuduh bahwa pembunuh presikden Kennedy bukanlah Lee Harvey Oswald, tersangkan dalam pembunuh presiden palingmenggemparkan di dunia itu. Zirbel yang jaksa penuntut umum mengungkapkan bahwa pembenuh sebenarnya adalah wakil presiden Kennedy sendiri, Lyndon B Jhonson.

Yasser Arafat
- Israel dan Palestina terus rusuh. Seorang tokoh Palestina, Yasser Arafatt pernah akan dibunuh Israel lebih dari 10 kali. Di antaranya menembak pesawatnya yang hancur menjadi 3 bagian. 3 pembantunya tewas, tetapi Arafatt selalu selamat.

(lanjut besok)

Selasa, 07 April 2009

Model-model April Mop

Model-model April Mop

Penangkal SMS dukun
Setahun lalu marak diberitakan bahwa kiriman sms bisa bikin sakit, gila, gampang didukunin atau malah mati yang terkenal dengan sms dukun. Nah anggota ‘Kelompok Penghayat Otak Ingin Jernih atau KHOIJ” di sebuah kota di Jawa Tengah sangat mempercayai isu itu. Agar terlepas dari bencana mendapat sms dukun, dalam kesepakatan setelah dengar pendapat dalam sebuah pertemuan KHOIJ, ketua KHOIJ mengumumkan kepada anggota dan masyarakat umum agar pada 1 April, memberikan minimal sebuah HP termahal kepada fakir miskin sebagai tolak bala atau penangkal seandainya menerima sms dukun tepat pada 1 April 2008. Tidaklah heran jika ratusan supir becak dan pemulung, kini mengantongi PH-HP mahal yang berasal dari hibah HP tolak bala penangkal sms dukun.

-- 0 --

Miras gratis
Ini Koran dari Norwegia “Bergens Titende’ menulis bawa kantor bea cukai setempat tela menyita jutaan liter miras harganya mencapi jutaan euro. Karena sudah 3 bulan tidak ada pemilik yang mengklaim miras itu, maka agar tidak sia-sia, miras tadi ditetapkan dihibah kepada peminum yang kagak punya duit. Syaratnya membawa botol kosong. Tak heran tepat pada April, ribuan orang ngantri dengan membawa botol kosong di kantor bea ckai setempat.

-- 0 --

Mbakyu Wete’es
Gerakan ngibul juga terjadi di harian Bengawan Pos Solo. Disana ada tulisan gratis bagi lelaki hidung belang jika ingin menjadikan empritnya segede cocakrowo. Alamat lengkap ditulis “harap hubungi mbah Wataso’, gubug penceng Karangasem nomer sekian Solo. Gratis hanya satu hari, lengkap dengan tulisan “hari ini gratis besok bayar” dimuat persis 1 April hari itu juga. Tak heran korannya langsung laris. Dan Audubillah, gubug penceng Karangasem ketiban tamu berratus-ratus orang. Si empunya rumah yang kaget atas banyaknya tamu yang minta empritnya jadi cocakrowo, hanya geleng-geleng kepala. Ia berinisiatif membuat pengumuman di depan rumahnya. “Yang ingin Cocakrowo-nya jadi Elang harap menemui Mbakyu Wete’es, si Wanita Tahan Sodok) di Silir (tempat prostitusi) Solo, BUKAN DISINI. Si empunya rumah langsung menelpon redaksinya yang adalah kawan akrabnya sendiri. Tentu saja bukan kemarahan, tetapi malah ngucapin “selamat, April Mop sialan, bikin kepala gue pecah”.

--- 0 --

Pohon Mie Spagetti
Di Astralian siaran TV BBC tahun 1957, tepat 1 April menayangkan gambar seorang wanita Swiss yang sedang memanen 5 pohon mie spaghetti. Ia membawa sekeranjang plastik yang penuh mie spaghetti hasil dari pohon mie miliknya, lalu memasaknya dicampur daging sapi cacahan. Emm, enak sekali. Detik itu juga selama 7 hari, stasiun TV itu kebanjiran pertanyaan, dimana memperoleh bibit pohon mie spaghetti.

-- 0 --

Dukun selebriti
Sebuah infotainment di TV swasta pada 1 April menayangkan dukun Dewi Laurent telah sukses menjadikan Krisdayanti, Dessy Ratnasari, Dewi Persik, Luna Maya, dan Inul Daratista sebagai selebritis handal. Caranya dengan membuka aura si artis sehingga sinarnya bisa menyorot cemerlang. Si dukun hanya menerima pasien berprofesi artis yang pernah nongol di TV. Yang belum pernah nongol jangan minta tolong. Hubungi Dewi Laurent di HP pribadi nomor 081654987321, rahasia dijamin aman. Siapa Dewi Larent, kagak ada yang tahu. Nomor HP itupun kagak bisa dihubungi. Akibarnya TV penayang kebanjiran pertanyaan, siapa Dewi Larent itu? “Jawabnya ‘Dewa April Mop’.

-- 0 --
Smell-o-vision
Di Australia, siaran TV Seven Network pada April 1997 mengingatkan pada pemirsanya bahwa hari itu tepat jam 10 – 12 siang, TV Seven Network telah memakai alat khusus temuan baru bernama ‘smell-o-vision, yang mampu penghantar bau dari gambar yang ditayangkan. TV Seven Network akan menayangkan bunga-bunga, parfum-parfum, menu masakan enak dan artis terkenal. Pemirsa bisa menempelkan hidungnya pada layar kaca TV untuk mencium bau gambar ang ditayangkan, termasuk bau gambarnya ksatria Xena, artis Lucy Lawlees. Akibatnya, jutaan pemirsa menempelkan hidungnya pada layar kaca untuk merasakan bau keringat Xena, bau anggrek atau parfum dan kepiting goreng. Nyatanya boong-boongan. Pemirsa yang demo ke stasion TV mendapati pengumuman “Maaf, smell-o-vision” adalah April Mop, sekali lagi MOHON MAAF”.

-- o --

Pipis kaki pecah
Sebentar lagi musim kering, bersiap-siap menyambut datangnya tungkak telapak kaki pecah-pecah. Beli vaselin belum tentu rutin ngrawat. Nah, seorang artis senior, Titiek Puspa, dalam siaran TV infotainment paling top memberi resep mudah dan gratis dulu pas 1 April 2008. Ia bilang selama pulhan tahun menjadi artis, ia paling sebel di musim kering karena tungkak telapak kakinya selalu pecah-pecah walau sudah riwa-riwi ke salon. Dari mbah dukun, artis segala jaman ini mendapat resep yang sangat manjur, hangat, gampang dan gratis lagi. Mau tahu cara Eyang Titiek Puspa? Mudah. Kalau pipis, jangan dibuang ke kloset. Pipis aja di lantai kamar mandi, lalu gosok-gosokkan tungkak telapak kaki pecah-pecah tadi dengan air pipismu sendiri. Nggak jijik khan, kecuali kalau pipisnya madumu, hehehe. Manjur lo…atau sekedar April Mop? Nanya aja sama beliau Eyang Titiek Puspa!

-- o --

Pisang Raja
Ini masih masalah dukun lagi. Ia dukun paling top di Solo. Karena sering nulis di Koran paling top di Solo, nasehatnya banyak dituruti masyarakat Solo. Pada 1April 2001, mbah dukun Wiji Bangun Topo, menulis tentang sesaji ‘tuwuhan’. Ini sarana orang mantu yang memajang rangkaian hiasan di pintu gerbang rumah orang yang mantu. Salah satu sarananya adalah sepasang pisang raja setandan. Kenapa pisang raja? Sebab pisang ini perlambang selalu mendapat banyak rejeki dan beramal seperti seorang raja. Tetapi mbah dukun menyarankan agar pisang raja diganti dengan pisang Kepok. Apa sebab? Alasannya, kini jaman mask ke era selingkuh dan kawin cerai. Jika menggunakan pisang raja, pengantinnya punya kans untuk kawin cerai seperti raja. Jika memilih pisang Kepok, diibaratkan kapok, jadi biar kapok sekali kawin sampai mati.

-- o --

bookstore
Pada Rabu 1 April 2009 dibuka di Mall Grand Plasa Purwosari Solo, sebuah counter penyewaan buku bagi anak-anak, remaja, dewasa dan umum. Ini adalah cabang dari Bookstore Taiwan yang melihat potensi minat baca orang Solo dan Jawa Tengah. Bookstore ini punya koleksi lengkap seluruh dunia dan punya otlet di 1000 negara di seluruh dunia seperti di AS, Inggris, Eropa, Hongkong, Singapore, Tokyo dll. Di Indonesia suah membuka outlet di Jakarta, Bandung, Yogya dan kota-kota pelajar lain. Penyewa buku diberi smartcard bagi yang sudah punya kartu ATM di bank-bank terkenal. Untuk kota Solo, ditanggung, semua buku yang pernah dimiliki museum Radyapustaka, keraton Kasunanan dan Mangkunegaran bahkan buku cerita kuno seperti ‘Buta nJaring Dadung’ dijamin bisa didapat dalam 4 bahasa, yakni Bahasa Jawa Kuno, Jawa Ngoko, Bahasa Indonesia dan Inggris. Tunggu aja hari H-nya, tetapi siapin kartu ATM untuk mendapat smartcard.

-- o --

Nasi maknyos
Sebuah outlet di grand mall Kebayoran Baru milik orang Jawa akan dibuka secara gratis selama 24 jam sejak pukul 00.00 – 24.00 hari Rabu tanggal 1 April 2009. Outlet itu hanya menjual : nasi mercon, nasi budheg tuli, nasi merah jambu, nasi tampar, nasi mbonjrot, nasi petir, nasi bom Bali, nasi maknyos, nasi bledheg, nasi api, nasi njegrag dan nasi ook. Semua menu tadi hanya nasi dan sambal saja. Setiap pengunjung mendapat jatah nasi sebungkus, boleh pilih. Pengunjung yang menghabiskan nasi sebungkus dengan mercon semangkuk, akan mendapat hadiah sebanyak Rp 5 juta. Mau? Ingat, sambelnya pedes, pedes, pedes sampai megap-megap kayak si guk abis ngejar tulang.

--- o --


Sebuah biro penyalur TKI, mengiklankan diri. “Dicari, ribuan orang yang ingin bunuh diri tanpa ketahuan. Beaya 5 ribu dolar lengkap dengan visa. Biro akan mengantar hingga jembatan Golden Gate di AS, tempat dimana setiap minggu rata-rata 1000 orang mati bunuh diri disini. Peserta berangkat pada Rabu, 1 April 2009. Pendaftaran di Departemen Tenaga Kerja sub Biro Hubungan Luar Negeri – Jakarta paling lambat 25 Maret 2009”.

-- o --




Virus lahap bernama “NGALIH” akan melahap file anda di semua laptop dan komputer tepat pada Rabu, 1 April 2009 jam 01.04.09. Matikan kompter tepat pada saat itu jika tidak ingin kehilangan file anda!!! Nah peringatan bagi warnet 24 jam dan bagi yang suka kerja dini hari, ingat matikan komputer atau jangan kena setrum listrik, pokoknya!!!

-- o --

Sekarang sudah 8 April 2009, adakah yang telah membuktin adanya kejdiandi tanggal 1 April 2009 sesuai dengan p[ernyataan dalam tulisan ini?