Cari Blog Ini

Selasa, 31 Maret 2009

Pengetahuan Populer

Ilmu Pengetahuan Populer (1)

Gunung Kinabalu
- Gunung Kinabalu setinggi 4101 m. Ini gunung tertinggi di pulau Kalimantan. Ada 3 negara di pulau ini, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunai Darussalam. Gunung Kinabalu masuk wilayah Malaysia.

Puncak Bersalju di Tropis
- Di daerah tropis, hanya dialah satu-satunya puncak gunung yang bersalju. Punak ini merupakan salah satu sati 7 puncak gunung yang paling terkenal didunia karena keindahannya dan sulit didaki. Puncak itu bernama Carsenzs Pyramide, berada di gunung Jayawijaya Negara Indonesia.

Pelangi
- Pelangi merupakan lengkungan warna spectrum di langit dimana matahari se arah dan berhadapan langsung dengan titik air yang sinarnya mebgenai titik itu secara tegak lurus. Hal ini merupakan pemantulan dan pembiasan sinar matahari.

Khyber
- Suatu lintasan terkenal yang emnghubungkan Afganistan, Pakistan dan kawasan Timur lainnya menjadi jalan padang pasir yang indah di ghunung SUlaiman dan gunung Khirtar. Dulu kawasan ini pernah dijelajahi para petualang beberapa abad yang lalu seperti bangsa Yunan I, Mongol, Tartar, Rusia dan IOnggris. Nama lintasan itu badalah Khyber.

Gewrhana Matahari Total
- Gerhana matahari total 11 Juni 1983 yang tampak di Indonesia merupakan sumber cahaya matahari yang terhadang sumber lain yang tak tembus cahaya (bulan). Daerah lintas yang hanya selama 7 menit, akan mengalami gerhana kembali setelah 269 tahun lagi.

25 Juta Ledakan Petir
- Setiap hari terjadi ledakan petir di seluruh dunia. Para peneliti mendapati bahwa dalam setahun terjadi 10 liliar ledakan petir. Jadi dalam 1 hari terjadi 25 juta kali ledakan petir. (PAdahal tiap hujan hanya terdengar 5 kali petir hehehe)

Cuaca
- Cuaca adalah kondisi atfosferik pada suatu tempat pada saat tertentu. Sedangkan angina adalah campuran gas yang menyelimuti bumi dan membentuk atmosfir bumi, terdiri atas 78% nitrogen dan 21 oksigen.

Titik Nadir dan Zenit
- Titik Nadir adalah titik terendah suatu tempat yang mulai bergerak menuju cakrawala. Adapu lawan titik Nadir adalah Titik Zenith.


Sungai Terpanjang
- Ada 3 sungai panjang di dunia yang melebihi 6200 km. Mereka adalah sungai Missisipi di Amerika, sungai Amazon di Amerika Utara dan sungai Nil di Afrika . Yang paling panjang adalah sungai Nil sepanjang 6692 km.

Teratai Lambang Cinta
- Teratai adalah bunga yang dalam kepercayaan Budha merupakan lambang cinta kasih. Bunga ini bersal dari India. Warnanya beraneka dan hidup di atas air.

Bentuk Tubuh S
- Bentuk tubuh seksi sangat menarik. Tetapi di awal XIX orang lebih suka pada bentuk tubuh dengan dada tegak dan pantat menonjol seperti gitar. Bentuk tubuh demikian disebut Bentuk S.

Patung Tampan Daud
- Patung Daud yang dibuat Michaelangelo di Italian ini pernah diserang sebanyak 2 kali oleh orang-orang yang berwajah buruk. Alasannya, patung Daud dibuat dengan menggunakan marmer ini berwajah sangat tampan dengan tonjolan-tonjolan sempurna.

Suku Kate Pigmi
- Di dunia ini ada banyak suka bertubuh cebol. Mereka merupakan suku Kate atau Pigmi. Tingginya rata-rata hanya 120 meter. Biasanya mereka hidup menggerombol di Amerika Latin dan Afrika. Di Afrika mereka hidup di daerah Negrillo dan Negrito, sedangkan di Amerika di Negara Kolombia.

Emas Putih Afrika
- Emas putih dari benua Afrika berupa gading gajah, sebab dari benua ini gading gajah berukuran lebih besar sehingga indah jika dihias dan diukir. Di aaaaAfrika gading gajah dianggap memiliki kekuatan dan dipakai dalam upacara ritual. Namun sejak bangsa Eropa mengkomersialkannya, bangsa Afrika menjadi budak pemburu gading gajah.

Patah Hati Bikin Kota
- Cintanya ditolak oleh sang ratu, maka pria ini lari dari Inggris dan bermukim ke Amerika. Untuk membuktikan cintanya kepada sang ratu, maka pria ini membangun kota yang di Amerika dan menamai kota ini Virginia, sesuai dengan nama sang ratu, Elizabeth Virgin.

Makanan Sampah Hamburger
- Hamburger sebenarnya termasuk junk food, makanan sampah. Bahan pokonya aberupa roti, selada, daging cacah dan dibentuk bulat berdiameter sekitar 4 cm. Makanan dari Jerman ini menjadia santapan paling kondang di Amerika.

Kaum Hispanik
- Kaum Hispanik merupakan salah satu mayoritas pendudu di AS. Mereka teridiri dari 3 negara yaitu Meksiko, Kuba dan Puerto Rico. Penduduk ini menduduki kelas 2 di AS karena ketidakmampuannya berbahasa Inggis. Kaum Hispanik ini merupakan ras keturunan Spanyol.

Renaissance
- Suatu decade dimana kebudayaan mengalami pembaharuan. Diawali di Perancis, decade ini sekali berubah hamper seluruh benua Eropa mengikuti, utamanya dalam penggunaan mesin-mesin industri. Dekade ini dinamai Renaissance.

Mobil Beetle
- Mobil VW adalah produksi maestro Ferdinan Porsche dibuat atas perintah Hittler untuk rakyat Jerman. Namun diminta menjadi mobil militer yang harus melintas gurun pasir dan hawa dingin Rusia untuk menyerang Negara itu. Pabriknya berada di kota Wolksburg, di Jerman nama VW dikenal sebagai Beetle.

Aba-aba Anjing
- Pelatih anjing menyuruh anjing latihnya dengan aba-aba. Jika anjing ddisuruh berdiri, perintahnya adalah ‘berhenti’. Aba-aba untuk melacak penjahat adalah ‘cari’.

Pedagogi
- Dulu, para budak Eropa mengantar, mengajari dan melindungi anak majikannya ke sekolah, sehingga mereka dijuluki ‘pemimpin anak-anak’. Sekarang cara jitu itu disebut ilmu pedagogi, yakni ilmu seni mengajar secara tersusun dengan arah tujuan atas azas dan metode yang diterapkan di sekolah-sekolah untuk tujuan pendidikan.

Era Puritan
- Pada masa Puritan beberapa abad lalu di Inggris, masa itu sempat membuat pola peperintahan maupun tata kehidupan di Inggris berubah. Banyak teather dan tempat pertunjukan ditutup akrena menurut kaum Puritan tempat itu adlah sumber kemaksiatan. Kaum Puritan adalah kelompok agama Katholi yang berjuang bagi kemurnian agamanya.

Negara Judi
- Jika di Eropa Negara Monaco terkenal sebagai Negara judi. Di Asia juga ada negara judi yakni Macao. Letaknya dekat Hongkong, 3 jam naik perahu. Penguasanya berpangkat gubernur. Negara ini merupakan koloni Portugal.

Organisasi Petualang
- Duke Edinburgh’s Award adalah organisasi di bidang social bagi remaja penggemar petualang. Digagas dan didirikan oleh Pangeran Phillip dari Inggris yang suami sang Ratu Inggris, oraganisasi ini punya 60 negara anggota.

Vini Vidi Vici
- Orang sering mendengar kata vini, vidi, vici. Saya dating, saya lihat, saya menang. Kata ini diciptakan oleh Julius Caesar yang karena kekuatannya, ia tidak memerlukan banyak keringat untuk menaklukkan daerah lain yang didatanginya.

Kota Liliput
- Di kota Hassloch di Jerman akan dijumpai kota liliput. Penduduknya berasal dari dari berbagai penjuru dunia. Mereka hanya punya badan setinggi 85 – 125 cm. Biasanya bekerja sebagai pemian sirkus atau bentuk hiburan lain seperti pelawak.

(bersambung … dibacutke sesuk maneh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar