Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 05 Maret 2009

Sajian Perlu Ditahu Perlu Dicoba

Bikin Pesawat Teliti Kacoa dan Kinjeng

Mengapa orang Ameika bisa bikin Apollo, bisa bikin pesawat ulang ulang-alik, helicopter pengintai atau segala jenis pesawat? Ternyata awal mulanya hanya meneliti serangga-serangga terbang, burung, ikan dan segaal jenis hewan yang bisa menginspirasi benda mati bisa terbang.

Binatang-binatang yang menginspirasi pembuatan pesawat adalah sbb;
- Capung. Helikopter dibuat sepeti capung. Hewan serangga ini berbakat sangat sempurna untuk berkelit dalam situasi apapun ketika terbang. Dalam kecepatan dan arah berapa dan kemanapun terbangnya, capung bisa berhenti, bisa terbang lagi, bisa jungkir balik maneuver dan bisa tetap diam di udara sambil menunggu posisi yang tepat untuk menyerang mangsa atau menghindari musuh.
Memang, tubuh capung berkesan tertutup logam. Biar orang nggak bisa melihat jela jenis logamnya, warna capung beraneka ragam, dilengkapi dua pasang sayap di punggung. Sepasang sayap ada di depan, sepasang lagi di belakang. Saat terbang, dua sayap depan terbangnya mengarah ke atas, sedang dua sayap belakang mengarah ke bawah.Awalnya, ilmu pesawat helikopter membuat permainan gambar capung di komputer. Capung dibelak-belok dan manuver-manuver udara hingga jutaan gambar. Hasilnya, pesawat Sikorsky dimodel kayak capung ini.

- Kacoa. Binatang apa yang kalau mati tidak menimbulkan bau? Tentu saja kacoa. Hewan ini kayaknya nggak punya daging, Jika digebuh sampai mati, ia hanya ngeluarin sedikit nanah. Jika tidak ingin menyakiti kacoa, gebuk sampai benar-benar mati. Mengapa? Sebab Tikus, Lele dan Coro adalah hewan yang nyawanya angkap-rangkap, matinya susah. Bagi yang nggak pengalaman, membunuh Lele itu sulit. Meski sudah digebug, digoreng, digunting, banhkan diambil jerohan dalamnya, Lele masih gerk-gerak. Sama seperti kacoa. Kacoa punya dua alat sensor. Satu di otak dan satu di siku kakinya. Jadi meski dipenggal kepalanya, kacoa masih hidup. Badannya masih bergerak, kakinya masih sport. Sistem sensor kacoa ini diterapkan untuk pembuatan roket, helikopter dan pesawat ruang angkasa.




Menyembunyikan Noda

Bagaimana cara menyembunyikan noda yang menjadi aib? Ini cerita eorang Kaisar China yang kehilangan sebelah telinganya karena terpenggal sewaktu perang antar raja China tahun sebelum Masehi. Sang raja yang sudah tua bertahta hingga menjelang ajal. Agar dirinya terus dikenang, dia inginkan gambar diri lewat buah tangan pelukis istana. Maklum waktu itu belum ada foto. Pelukis istana dipanggil disuruh melukis sang raja. Ketika selesai, lukisan itu dihadapkan pada Kaisar.
Melihat hasil lukisannya, Kaisar murka. Apa sebab? Sebab, jelas-jelas telinga kaisar hanya 1 buah, tetapi dilukis 2 telinga lengkap. Itu namanya tidak jujur. Kaisar menolak lukisan itu dan dibakar saat itu juga. Kaisar minta dilukis pelukis lain, hasilnya dihadapkan pula pada Kaisar. Lagi-lagi Kaisar murka melihat lukisan Sang Kaisar hanya punya 1 telinga. Lukisan itu pun langsung dibakar. Kaisar minta dilukis oleh pelukis yang punya otak. Maka pelukis cerdas ini menghadapkan lukisannya. Sang Kaisar terkesima dan sangat kagum. Ia bertepuk tangan dan menyuruh lukisan itu dipajang di tempat yang megah. Pelukis cerdas itu melukis Kaisar dari samping, sehingga telinga satunya nggak tampak. Begitulah cara menyembunyikan aib, noda atau keburukan apapun tanpa pengurangi hormat, selalu menjujung kejujuran meeski tidak semua diperlihatkan.





Awal Mula Orang Perancis Ahli Bikin Pewangi

Semua orang pengin wangi. Salah satu caranya adalah mandi. Mandi adalah kesegaran, penghapus capai, pereda panas tubuh, pembuang kotoran di tubuh dsb yang jelas mandi adalah kebesihan. Tetapi Raja Louis XVI adalah raja yang jarang mandi. Dalam hitungan inang-inang istana, sejak diangkat sebagai raja, Louis XVI hanya mandi 4 kali saja, padahal dia berkuasa lebih dari 6 tahun. Ceritanya, kamar mandi di istana Versailles diminta dijebol oleh Louis, maklum dia nggak suka mandi. Kalau o’ok, dia minta di pispot dan kertas tissue saja. Meski Louis punya 1000 rampal (rambut palsu) dan 40 orang inang pembersih rampal, Louis tetap bertekad tidak mau mandi.
Louis hanya menggunakan milk cleancing dan astringen untuk membersihkan diri, lalu memoles dirinya dnegan mimyak wangi. Ruang-ruang istana juga disemprot dengan bau-bau wangi. Louis selalu mengadakan lomba membuat minyak wangi. Juara diberi hadiah besar. Tak heran jika orang Perancis selalu menjadi yang ter dalam hal minyak wangi.





Monyet Punya Raja

Bukan hanya manusia yang punya raja. Monyet juga pula raja. Raja monyet bertahta tidak akan lama. Disebut raja jika bisa mengawini betina lebih dari seratus kali seharinya. Di Sangeh Bali (tempat kita bisa berkaca diri), ada tiga kumpulan besar monyet. Tiap sekumpulan monyet punya rajanya sendiri-sendiri. Di Kalimantan juga demikian. Kera-kera juga punya rajanya sendiri. Demikian pula di Tawangmangu dan di Pulau Tinjil dan Pulau Deli yang masuk propinsi Banten, disana dijadikan proyek penangkaran monyet yang dieksport ke belahan dunia. Jenis monyetnya ekor panjang. Rajanya bisa ngawini betina-betina hingga 136 kali seharinya (menurut penelitian IPB).
Adapun raja monyet di Sangeh, raja pertama berkuasa di kumpulan monyet-monyet yang hidup di arena wisata Sangeh. Raja kedua menguasai kumpulan monyet-monyet yang berada di daerah cagar alam Sangeh dan raja ketiga menjadi komando monyet-monyet di bagian belakang cagar alam dan mencari makan di luar lahan cagar alam.





Badak Bercula Dua

Di cagar alamUjung Kulon dikenal ada badak bercula satu. Badak-badak ini dilindungi, sehingga badak-badak jadi malu-malu kucing jika ketemu manusia. Beda dengan badak-badak yang hidup secara alamiah di daerah perbatasan pertigaan Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Sabah.
Disana ditemukan badak bercula 2 …………………………….
.





Wong Jowo Nyontek Inggris

Apa benar, teori plesetan diciptakan oleh Kelik Pelipur Lara? Tetapi manusia satu itu memang ahli plesetan. Mungkin Kelik bisa mlesetin kata-kata bahasa Jawa yang asalnya dari Inggris atau sebaliknya. Misalnya kata hari, dalam bahasa Jawanya adalah dino, padahal bahasa Inggrisnya adalah day. Ada lagi nama Wuku dari Pawukon Jawa sebnayak 30 wuku. Wuku ini meramalkan sifat-sifat dan peruntungan seseorang. Lamanya wuku adalah 7 hari. Ini sama dengan seminggu dalam bahasa Inggris yang disebut week.. Tentu wuku hampir sama dengan week ya. Kalau ditanya, mana yang lebih dulu lahir, dino dan wuku atau day dan week? Jawabnya adalah jika bisa menjawab mana yang lebih dulu ada, ayam atau telur. Mungkin lebih baik bertanya pada Kelik, dia pasti bias menjawab, meski dengan plesetan yang bikin gemes itu.





Tes Masuk Militer

Test masuk militer. Di Indonesia memang wagu dan lucu. Ini adalah cerita yang aku baca di Nglungsungi, ditulis Budiarso yang adalah mantan perwira. Setenagh abad yl, tahun 1959, salah satu test agar diterima di militer angkatan darat, calon perwiranya harus mengikuti tes kesehatan militer.
Di sebuah ruang khusus, kadet-kadet disuruh berbaris satu persatu. Tak lama kemudian dokter militer berpangkat letkol langsung mengkomando ‘buka celana sampai dalam’. Semua kadet pada kaget. Tetapi siapa berani melawan. Dengan malu-malu mereka membuka seluruh celana dalam. Untung tidak ada perwira cewek. Banyak yang malu, lalu menutupi empritnya dengan tangan.
Dokter Letkol tadi langsung mengolah satu persatu calon perwira. Cara memeriksanya memang nggak lazim. Emprit-emprit itu langsung digegang erat sama dokte, abis itu di remas-remas dan diurut-urut. Gila, andai yang nggituin pacar cewek mereka, pasti lumayan doing. Abis, dokternya ngerjainnya dengan sangat kuat, kuat-kuat malah. Mereka yang melihat langsung ‘mak deg. Empritnya pada membesar segede perkukut.
Banyalk yang mencoba menahan rasa sakit, banyak pula yangh langsung mengaduh, menjerit dan lari melepaskan diri. Maklum perkutut mereka langsung muntah darah, mutah nanah dan kaku ngecengceng karena ada yang infeksi. Mudah sekali membuat test, hanya pak letkol tadi, dia itu gay nggak ya….




Jembelet Nyelinap Pajak

Jembelet itu istilah minta off sebentar untuk membenahi yang dimaui. Jembelet dalam cerita ini sekedar menyita sedikti waktu untuk membaca hal-hal yang perlu disenyumi dengan kepala dingin, uatamya tentang pajak dulu ya. Gini lho:

- Bayar pajak di negera kita itu susah. Susahnya, habis disuruh ngetung pajaknya sendiri, padahal nilai matematikannya di bawah 5. Terus ke kantor pajak, pelajanannya tidak menyenangkan.
- Pengusaha bawang goreng malas bayar pajak, habis dia mikir, paling dikorupsi ama pegawai negeri aja
- Pengusaha yang baru buka warung PS play stations ngumpat. Katanya didatangi pegawai pajak, langsung nagih pajaknya. Dia ngetung, harus membayar 20 % dari pendapatan bersih. Weh, lha buka warung aja baru coba-coba, masih rugi lagi, modalnya ngutang, tamunya belum banyak, buat bayar karyawan sebulan aja belum cukup, malah digerogoti pajak. Padahal pajak 20% seperti maunya si pegawai pajak itu, paling dicatut buat dirinya sendiri berapa persen? Bagaimana bisa cari duit? Ini namanya pemerasan bertajuk pajak.
- Ada pejabat pajak dari Jakarta, datang ke pabrik mebel eksport. Dia minta 1 buffet antic gaya Eropa tahun 1800. Lalu pabriknya melebel harga sesuai harga eksport. Saat itu direktur bemelnya sedang ke Jakarta. Jadi siapa yang berani kasih harga diskon seperti pintanya pak pejabat pajak. Tahu-tahu seminggu kemudian datang pegawai pajak local menagih sekian ratus juta. Saat ditolak, lalu diperiksa, semua pembukuan dibawa pegawai pajak, ada sekitar 3 dos dibawa ke kantor pajak dan sebulan kemudian didenda 1 M. Gila!
- Kantor perdagangan, dibuat 2 pembukuan. Yang satu buat laporan pak komisaris, yang satu lagi buat laporan pajak. Kata pak komisaris, kita kerja keras banget, dengan keringat sendiri, enak-enak aja dicatut pajak setinggi langit.
- Kata pegawai pajak, lalai bayar pajak artinya tidak cinta Negara. Lho, mau aja bayar pajak. Tetapi mengapa kalian mengkorupsinya?
- Banyak peluang usaha yang lepas dari sorotan kacamata pajak. Tak perlu dijelaskan apa saja. Tetapi home industri, biasanya lepas dari pajak.
- Di negara maju, pembayar pajak lebih banyak dari pada pengangguran. Di Negara kita, penganggurannya lebih banyak dari pada pembayar pajak.
- Di Negara Rusia jaman raja Peter Yang Agung, mengapa penduduknya banyak yang klimis-klimis. Itu karena orang berkumis dan berjenggot aja ditarik pajak. Artinya, pabrik silet pasti bayar pajak lebih banyak.
- Di pasar, bakul-bakul selain membayar retribusi, juga bayar pajak buat para preman. Kalau nolak alamat dagangannya gak selamat, gampang dimaling.
- Parkir beli bakso, kena pajak tukang parkir. Parkir dimana saja, selalu kena pajak tukang parkir. Tukang parker hanya duduk-duduk dapat duit, kalau nggak dikasih, misuh-misuh, lontheee. Dasar mulut semprullll.
- Di rumah penduduk ditulisi ‘Jonggring Saloka’. Pegawai pajak datang langsung nanya, ‘buka toko apa?’. Memang nulis di rumha sendiri kagak boleh?
- Surat tagihan pajak ke CV ‘Wis Tilar’ katanya sudah 3 tahun nunggak. Padahal CVnya sudah mati 3 tahun dulu-dulu. Masih ditagih lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar