Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 12 April 2009

Ilmu Pengetahuan Populer (3)

Kalender Tertua
- Kalender tertua dibuat tahun 4245 SM di jaman Mesir kuno. Tahun 3529 SM raja Numa Pompilius dari Romawi membuat tanggalan model baru yang menjadi acuan kalender hingga kini.

1 Jam = 15 derajad
- Ukuran perhitungan waktu dihitung berdasarkan perputaran bulan, bumi dan matahari. Dalam 1 hari bumi beredar 360 derajad pada sumbunya. Bulan mengelilingi bumi dalam 30 hari dan bumi mengelilingi matahari dalm 365 hari. Dalam 1 jam bumi beredar pada sumbunya hanya 15 derajad.

Trias Politika Gandhi
- Mohandas Gandhi (1869-1948) pejuang India, baru berjuang untuk negaranya tahun 1915. Sebelumnya ia berjuang bagi persamaan hak di Afrika. Senjata utamanya adalah Trias Politika. Ini mengantar India merdeka dari Inggris. Ia mendpat gelar Mahatma yang berarti Pemimpin yang arif dan suci.

Tower of London
- Bangunan kuno di Inggris yang merupakan benteng dan istana raja, bentuknya menara-menara, dikelilingi oleh tembok tinggi dan parit. William Sang Penakluk adalah pemulai pembangunan gedung-gedung ini. Satu bangunan termegah menyimpan mahkota raja-raja Inggris bernama Tower of London.

Ibukota AS Pindah
- Presiden AS Goerge Washington adalah presiden yang memindahkan ibukota AS dari Philadelphia ke Washington. Arsitek pembangunan kota Washington adalah pria kulit hitam bernama Benyamin Benneker.

Monalisa Disimpan
- Di Perancis, ada suatu museum piramide kaca yang diarsiteksi orang orang Amerika keturunan China, IP Pei. Namanya piramide kaca itu adalah Pyramide Louvre. Pei mengubahkan bangunan istana kuno yang sudah berdiri 8 abad sebelumnya. Di museum inilah lukisan terkenal Monalisa karya Leonardo da Vinci disimpan.

Tugu Korban Perang AS - Vietnam
- Banyak serdadu Amerika yang tewas ketika perang melawan Vietnam, sehingga dibuatlah sebuah monument peringatan di Washigton DC. Di monument itu tertulis 58.156 orng serdadu AS korban perang Vietnam terukir disana. Tugu ini juga karya arsitek wanita keturunan China Maya Ying Lin, dibuat tahun 1982 dan diberi nama Vietnam Veteran Memorial

Dua Menara Miring di Eropa
- Kini ada dua (2) menara miring di Eropa. Yang satu menara Piza di Italia dan sebuah menara di Inggris bernama Big-Ben. Sebab utama miringnya menara ini karena pembangunan kereta api bawah tanah, Jubilee Line yang galiannya hanya berjarak 27 meter dari menara. Adapun keistimewaan menara ini adalah adanya 4 buah jam besar untuk waktu seluruh dunia.

Istana Kremlin
- Istana Kremlin adalah symbol kekuasaan dan kekuatan Rusia. Bangunan ini dapat berfungsi sebagai benteng, museum, gereja, sanggar seni, pusat pemerintahan dan arena berpolitik. Dibangun abad 14 oleh Tsar Nicholas dipersembahkan untuk isteri tercintanya,, permaisuri Alexandra.

Air Murni
- Air yang direbus mendidih akan menguap. Jika uap ditampung, ia mengembun. Jika embun menetes dan ditampung lagi, maka air ini disebut air murni.

AGar Tidak Digigit Kuda
- Kuda juga suka menggigit, padahal kuda suka dibelai. Agar tidak digigit kuda, orang perlu melumuri tangan dengan cairan minyak tanah yang baunya tidak disukai kuda.

Kabel Bawah Laut
- Banyak kabel yang melintang di jalanan di berbagai sudud kota dan desa. Kabel itu bernama Overhead Cables. Adapun kabel yang tahan terhadap air laut dan dipakai untuk lintas pulau sebagai kabel bawah laut disebut submarine cables.


Jenis Kertas untuk Uang
- Uang kertas tidak mudah rusak meski dilipat berkali-kali, masuk keluar dompet, berpindah tangan bahkan tercuci. Bahannya terbuat dari kapas murni, diberi water merk ditambah benang pengaman. Menurut standart, uang kertas dapat dipakai sebagai uang kertas jika bisa dilipat hingga 3500 kali dan belum rusak.

Pulau Barbados
- Sebuah pulau di Karibia benama Pulau Barbados, terletak di selatan Suriname AS, terkenal dengan tari Limbonya. Pusat kotanya bernama Bridgeton. Dipandang dari laut, pohon-pohon di daratan pulau itu tampak mirip janggut di dagu, sehingga pulau itu disebut pulau janggut.

Mayat Adolf Hittler
- Mayat Adolf Hittler dikaui pemerintah Jerman hilang sejak bunuh dirinya. Konon mayatnya masih tersimpan di Jerman sampai taun 1970. Pimpinan KGB waktu itu, Yuri Andropov memerintahkan untuk dibakar agar tidak menjadi obyek ritual. Hittler mati bunuh diri pada tahun 1945.


Pol Pot
- Antara tahun 1975 – 1979, Khmer Merah membantai sepertiga penduduk Kamboja yang berjumla hanya 8 juta orang. Pemimpinnya Pol Pot berdalih bahwa pembantaian ini bermaksud untuk membentuk manusia Kambajo baru.

Perang Badai Gurun
- NAmanya menjulang ketika menjadi pangliman perang AS melawan Iraq untuk membebaskan Kuwait. Jendral Herbert Norman Schwarzkopf akirnya sukses mengembalikan Kuwait sebagai negara merdeka lepas dari pencaplokan Iraq. Perang AS vs Iraq di Kuwait dalam nama sandi perang disebut perang Badai Gurun Pasir atau p;erang teluk.

Ruku Tutsui
- Sebuah Negara kecil sekaligus miskin di Afrika sering mengalami perang saudara. Di Rwanda, ada dua suku yang sering terlibat perang, yakni suku Tutsi dan suku Hutu. Keduanya suku yang ingin berkuasa.

Idi Amin
- Presiden Uganda Idi Amin adala presiden paling nyentrik di dunia. Wajahnya menyeramkan, apalagi kulitnya hitam. Hobinya memmbunuh musuh-musuhnya dan daging musuhnya dimakannya. Idi Amin yang terkenal kejam ini mengangkat diri sebagai Kaisar, tetapi anya berjalan tidak lebih dari satu tahun. Presiden Negara tetangganya yakni presiden Tanzania, Nyerere langsung menyerang presiden kanibal Idi Amien tahun 1979 setelah terbongkar kasus bahawa Idi Amien adala seorang kanibal.

Pencipta Istilah Hari H
- Istilah Hari H atau lebi kerennya D-Day diciptakan oleh presiden AS Wiston Churchil. Istilah ini dibuat sebagai symbol rahasia militer penyerangan di sarang musuh pada masa PD II. D-Day yang paling terkenal adalah penyerangan sekutu pada tanggal 6 Juni 1944 ke Normandia.

Pasukan Pejabat Eropa
- Barangkali hanya inilah pasukan pengamanan militer yang jumlahnya terbatas, hanya 100 orang. Nama anggota pasukan Coors Helvica ini adalah para pengawal pejabat tinggi Eropa. Raja-raja jaman dahulu memakai jasa pasukan ini. Sekarang Pauspun menggunakan pasukan ini untuk melindungi keselamatan Paus. Pasukan ini dilatih kusus dan hanya ada di Swiss. Ia disewa untuk menjadi pasukan khusus pejabat di wilayah Eropa.


Rudak AS vs Soviet
- Ada dua rudal yang saling hantam dalam perang teluk atau badai gurun. AS menggunakan rudal Patriot yang mampu melumpukan rudak Iraq buatan Soviet bernama Scud-B. Oleh Irak, rudal Scud-B ini diganti namanya menjadi rudal Al-Hussein. Dua rudal yang saling gempur ini menjadi bintang dalam perang teluk.

SS dan Hittler
- Hittler punya pasukan khusus dalam membantai orang Yaudi Pasukan ini disebut pasukan SS. Pasukan inilah yang menghabisi beratus ribu orang Yahudi di kamp-kamp pembantaian perang dunia II. Singkatan dari SS adalah Schut Staffel.

Tiga Kekuatan Saddam
- Saddam Hussein berani menggempur Kuwait karena mempunyai 3 kekuatan elite yang sangat dibanggakannya. Pertama adalah pasukan tentara elile yang disebut Garda Republik. Kedua mempunyai gudang persenjataan militer yang disimpan hingga bertimbun-ptimbun. Dan ketiga mempunyai bunker-bunker di segala penjuru yang berisi lengkap dengan senjatanya dan cadangan makanan.

Pembunuh Kennedy
- The Texas Connection, buku karanagn Craig J Zirbel menuduh bahwa pembunuh presikden Kennedy bukanlah Lee Harvey Oswald, tersangkan dalam pembunuh presiden palingmenggemparkan di dunia itu. Zirbel yang jaksa penuntut umum mengungkapkan bahwa pembenuh sebenarnya adalah wakil presiden Kennedy sendiri, Lyndon B Jhonson.

Yasser Arafat
- Israel dan Palestina terus rusuh. Seorang tokoh Palestina, Yasser Arafatt pernah akan dibunuh Israel lebih dari 10 kali. Di antaranya menembak pesawatnya yang hancur menjadi 3 bagian. 3 pembantunya tewas, tetapi Arafatt selalu selamat.

(lanjut besok)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar