Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 12 April 2009

Ilmu Pengetahuan Populer 5

Ernest Hemingway
- Untuk Siapa Lonceng Berbunyi` Matahari juga Terbit, Kematian di Siang Hari dan mahakarya Orang Tua dan Laut atau The Old Man and The Sea yang mendapat nobel sastra. Pengarangnya adalah Ernest Hemingway. Di senja hidupnya, ia merasa bangga karena dua orang cucu perempuannya malah lebih tenar dari dirinya setelah keduanya mendapat peran dalam film yang mencapai box office dunia.

Khalil Gibran
- Ahli filsafat dan penyair asal Libanon, Kalil Gibran sangat mengilhami banyak komponis untuk menulis lirik-lirik yang berasal dari puisi Gibran. Ia lahir pada 6 Januari 1883 dan meninggal pada 10 April 1931 di AS karena setelah menikah dengan gadis Amerika, Gibran menetap di AS. Karya legendarisnya adala buku berjudul The Prophet.

Empat Patung Kepala Presiden AS
- Pematung hebat Gutzon Borghun meninggalkan karya indah yang bisa memberi cirri khas Amerika Serikat. Borghun membuat karya dahsyat di Mount Rushmore berupa empat patung raksasa mantan-mantan preisiden AS. Keempat mantan preisiden itu adalah: Theodora Roosevelt, Thomas Jefferson, Goerge Washington dan Abraham lincolin.

Gorah
- Akar tumbuhan Srigunggu digunakan oleh para linuwih untuk dibuat ramuan yang amat berguna bagi pelaku infotainment dari dunia nyanyi. Jamu ini amat dahsyat gunanya bagi penyanyi yang ingin membuat merdu dan yaring suaranya dengan cara gorah.

Karavan Gypsi
- Berwisata mengenal alam seperti ke gunung, sungai, laut dsb, orang-orang menggunakan kemah untuk berteduh dan istirahat. Tetapi para petualang murni seperti para Gypsi, mereka menggunakan gerobak tertutup yang terus berjalan dengan daya guna dapat hidup di alam bebas. Gerobak kayu milik para petualang Gypsi ini disebut Karavan.

Kalpataru hanya Khayalan
- Pohon Kalpataru yang berbentuk indah sering dimaknai secara mistis. Kalpataru dipercaya sebagai pohon kehidupan yang memberikan janji penuh rejeki. Pohon ini menjadi simbol kemakmuran dan keseimbangan mokrokosmos dan makrokosmos yang bersifat abadi. Pada kenyataannya, pohon Kalpataru tidak ada di alam nyata, karena hanya ada di angan-angan. Padahal pohon Kalpataru menjadi lambang bagi kebaktian lingkungan hidup dan bagi yang memperoleh penghargaan Kalpataru seolah-olah merupakan sebuah anugerah.

Twinsday
- Yayasan Nakula – Sadewa adalah yayasan yang dipelopori oleh Kak Seto Mulyadi sebagai ajang paguyubannya orang-orang kembar di Indonesia. Di AS, sepasang saudara kembar Aaron dan Moses Wilsox menghibahkan sebuah taman luas di kota Twinsburg Ohio yang dimaksudkan sebagai tempat bagi orang kembar untuk mengadakan pertemuan rutin dan membuat hari kembar sedunia dengan nama Twinsday.

Lomba Pacuan Kerbau
- Karapan sapi sangat terkenal di Madura. Di Bali ada lomba serupa, tetapi binatang pacuannya bukan sapi tetapi kerbau. Kerbaunya menarik gerobak kecil dengan seorang joki. Lomba kerbau joki di Bali ini dinamai Makepung, artinya kejar-kejaran.

Phnom Rung
- Propaganda Thailand berhasil. Sekolompokn warga diberi kaos kostum diberi gambar lambang patung dewa Wisnu terbaring di punggung seekor naga dengan tulisan ‘Stollen from Thailand’. Akhirnya patung keramat itu kembali ke Thailand setelah 20 tahun hilang dicuri dari Candi Phnom Rung. Patung ini ditemukan di sebuah museum di Chichago.

Pohon Plato
- Sebuah pohon zaitun kuno dan sangat tua berusia 3000 tahun, tumbang karena ditabrak bus. Pohon ini sebenarnya sudah dilestarikan dan dijaga ketat, tetapi bus penabraknya memang sedang ngantuk. Alasan pelestarian pohon zaitun ini karena pohon ini adalah pohon sejarah filsafat dunia. Di bawah pohon inilah, filsuf dunia Plato mengajarkan pemikirannya pada para muridnya diantaranya Aristoteles, sehingga pohon zaitun ini dinamai pohon Plato.

Kutukan Osiris
- ‘Maut akan segera menjemput mereka yang menyentuh makam Firaun’. Begitulah misteri bunyi kutukan Firaun. Misteri ini hidup kembali setelah seorang peneliti, tepatnya arkeolog AS bernama Lord Carnarvon meninggal di Kairo ketika sedang mengadakan penelitian arkeolog mendalam di makam Osiris. Kalangan medis mengatakan bahwa ia meninggal karena radang paru-paru dan keracunan darah. Tetapi penduduk lokal percaya bahwa ia terkena kutukan Osiris.

Diary Penghuni Kamp Hittler
- Seorang gadis kecil Bosnia, Zlata Filipovic yang hidup di kamp-kamp persembunyian di Jerman di jaman Hittler, menuliskan pengalamannya secara arian selama di kamp dengan keluarganya. Buku harfian ini menceritakan kepedihan selama dikejar-kejar Nazi di kamp-kamp hingga akhirnya tertangkap dan meninggal pada 13 Maret 1945. Buku hariannya kemudian diterbitkan menjadi sebuah novel berjudul Diary of Anne Frank.

Suku Barbar
- Gurun Sahara sebagai gurun terbesar di dunia ini terletak di Afrika Utara. Menurut bahasa Arab, Sahara berasal dari kata Sahra yanmg artinya kehampaan. Kenyataannya keadaan di Sahara betul-betul sepi, keras, panas dan terpencil. Unta merupakan satu-satunya alat transport yang dapat melintas disana. Tetapi ternyata ada sebuah suku yang mampu bertahan hidup di Sahara, yakni suku Barbar.

Mata-mata Prancis diIndonesia
- Wanita Perancis yang kawin dengan opsir Belanda Rudolf Mac Leod ini pernah hidup di Indonesia selama 7 tahun. Setelah bercerai, ia pulang ke Perancis dan hidup sebagai penari striptease. Pergaulannya dengan agen-agen spionance membuatnya mudah mendapatkan, lalu menjual dokumen-dokumen rahasia. Margeretha Gertrud Zelle, wanita akhirnya bisa menjual rahasia rencana penyerangan Chemindes Dames kepada Jerman sehingga Perancis kalah perang yang menyebabkan 50 ribu jiwa tentara Perancis mati mengenaskan. Wanita yang mendapat julukan Matahari itu ditangkap dan diukum mati. Kisah riwayat hidupnya difilm dengan judul Matahari dan beredar pula di Indonesia.

Jeanne d'Ars
- Jika ada penjahat wanita, ada pula wanita pahlawan dari Perancis. Namanya amat terkenal, Jeanne d’Ars. Jeanne berasal dari Desa Lorraine Perancis, tetapi terkenal sebagai pahlawan Orleans. Ia mempin pasukan Perancis melawan pasujkan Inggris yang mengepung wilayah Perancis. Sayangnya ia tertangkap pasukan Inggris dan dihukum bakar sampai mati.

Tembok Berlin
- Eric Honecker adalah penerus Ulbicht yang tidak mampu mempertahankan keberadaan tembok Berlin. Tembok ini dibangun untuk memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur. Tembok ini telah makan korban ratusan orang Jerman Timur yang berusaha kabur ke Barat dan meloncat dari tembok ini. Orang pertama yang berhasil meloncat dengan aman di tembok Berlin adalah Conrad Schumann.

Snounck Hurgronye
- Tahun 1889 seorang muslim Belanda datang ke Indonesia untuk menjadi penasihat kolonial urusan pribumi dan agama Islam. Snounck Hurgronye inilah orang bule pertama arsitek kebijaksanaan Islam pada jaman Belanda di Indonesia.

Bapak Palang Merah
- Korban perang Solferino bergelimangan tak terurus. Tenaga medis kurang, sukarelawanpun tak ada. Seorang bankir dermawan yang punya rasa sosial tinggi, Jean Henry Dunant, langsung mendirikan Palang Merah Internasional untuk mengurus korban perang dan bencana lainnya. Dunant akhirnya dianugerai gelar Bapak Palang Merah Dunia.

Gunung Aconcagua Norman
- Sebuah buku berjudul ‘Mendaki Gunung, Sebuah Tantangan Petualangan’ adalah buku karya Norman Erwin. SI Beruang Gunung, begitulah julukannya. Dialah pendaki gunung paling piawai di Indonesia. Semua gunung di Indonesia pernah ditaklukkannya. Ia juga mampu menembus 7 puncak gunung paling eksklusif di dunia. Namun ia tewas bersama Didiek Samsu saat mendaki di puncak gunung Aconcagua di Argentina Amerika Selatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar