Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 15 April 2009

Terapi Sari Sayur dan Buah Segar

Minuman SASABUSE
Sari Buah dan Sayur Segar untuk Kebugaran

Di jaman kuno, konon menu Adam dan Hawa berupa biji-biji dan buah dari pepohonan buah. Setelah Adam dan Hawa berdosa lalu beranak pianak jadi buaanyak, menu makan bertambah dengan sayur-sayuran. Jadi hanya ada 3 macam makanan, yaitu buah, sayur dan biji-bijian. Ketiganya jadi menu makanan sehat lengkap yang dibutuhkan tubuh. Hebatnya, semuanya dimakan begitu saja, tanpa dimasak.

Tetapi di jaman kini, semua orang berlomba membuat menu masakan yang uennaaknya sampai maknyuuuus. Dimana-mana dipromosikan wisata kuliner dengan masakan yang sedap dan nikmat.

Menu pilihan Pak Bondan Winarno memang jangan dihindari, kalau perlu kita coba ngikuti wisata kulinernya Pak Bondan.

Tapi ingat, makanan berupa sayur dan buah yang tidak dimasak, sangat perlu dikonsumsi oleh tubuh agar tetap sehat, kuat, segar, penuh vitalitas dan panjang umur. Tubuh memerlukan kandungan mineral organis yang ada pada sayur dan buah segar tanpa dimasak.

Kata Profesor RA Nainggolan, ahli bedah Inggris, Dr William Arbuthnet Lane bilang, untuk nyegah penyakit caranya makan sayur dan buah segar tanpa dimasak. Tubuh akan dibersihkan dari sisa-sisa makanan yang sudah menumpuk di sel-sel dan jaringan organ tubuh. Lalu diisi dan diganti dengan makanan-makanan bergizi tinggi. Jika sisa makanan yang menumpuk tidak dibersihkan, berarti segera akan membusuk, akibatnya badan menjadi lemah dan sakit. Dimana ada pembusukan sisa makanan, maka pembusukan itu menjadi racun, akibatnya disitulah ada penyakit.

Perlu diinghat bahwa sel-sel tubuh setiap hari pasti ada yang rusak atau aus. Jika tidak diganti, mereka jadinya akan busuk jadi racun. Pergantian sel baru diisi dengan cara makan makanan segar yang berisi mineral, vitamin dan enzima.

Jika orang terlalu banyak makan makanan yang dimasak, meninggalkan makanan segar, maka di dalam tubuhnya akan menumpuk sisa-sisa makanan. Mereka bisa jadi telah membatu, maksudnya jadi batu. Ada juga sisa lendir-lendir minyak. Ini juga menyumbat sistem pekerjaan tubuh. Apakah minum obat pil dari dokter membantu? Bisa juga, tetapi ada kian banyak bahan kimia yang masuk ke tubuh. Padahal tubuh itu harus dibersihkan dari bahan-bahan kimia, kotoran sisa-sisa makanan dan lendir yang menempel di sel-sel dan jaringan tubuh.

Lalu gimana cara membersihkan tubuh dari kotoran?

Tubuh itu harus dibersihkan dengan bahan yang organis. Bahan itu ada pada sayur dan buah segar yang tidak usah dimasak. Ambil saja sari sayur dan buah itu sehingga menjadi minuman yang segar. ‘SARI SAYUR BUAH SEGAR’ yang aku beri nama SASABUSE berguna dapat cepat diserap untuk mengganti sel-sel yang rusak dan membersihkan tubuh dari racun-racun yang mengendap di bagian-bagian tubuh.

Perlu Enzima

Enzima itu energi alamiah yang ngumpet di biji buah dan sayuran. Ia berwujud makanan yang berguna sebagai pemberi hidup pada tubuh. Enzima amat rumit karena dia bukan zat. Enzima ini memungkinkan terjadinya pencernaan dan penyerapan makanan di dalam tubuh. Bentuk enzima itu kayak watt listrik, magnit atau energi. Jadi tidak nampak. Namun ia bekerja sebagai penggerak zat-zat pada tubuh yang dihuninya di tubuh manusia dan tanaman.

Intinya, dengan enzima, tubuh manusia bisa tumbuh dari bayi hingga dewasa. Dengan enzima, tanaman bisa jadi pohon. Bedanya dengan bawang yang sudah dimasak, enzimanya sudah mati. Ia tak bisa tumbuh walau ditanam di tanah yang subur. Ia pasti membusuk.

Sama halnya makanan yang telah dimasak lalu dimakan, makanan ini tidak akan menumbuhkan sel-sel baru di tubuh dengan baik karena enzimanya sudah mati. Makanan masak hanya mempertahankan hidup tetapi tidak memperpanjang hidup. Maka mulai sekarang harusnya makan makanan segar agar tubuh lebih sehat untuk memperpanjang usia kita.


Lebih jelasnya ikuti dialog Pakde, ahli SASABUSE yang sedang ngrumpi dengan keponakannya sbb:

Tanya : Pakde koq kelihatan seger terus padahal sudah 70 tahun.
Jawab : Ya. Nggak seperti kamu, kan? Masih muda koq sering sakit. Ntar tuanya panen penyakit. Penyakit itu jangan ditabung, dilihat aja jangan. Maka hiduplah secara sehat.

Tanya : Mengapa orang bisa sakit, Pakde?
Jawab : Karena tidak ngikut hukum kesehatan. Terlalu banyak makan makanan
berlemak, berkolestrol tinggi dan berlendir. Sisa makanan kayak begitu akan
menumpuk di usus, menempel di dinding pembuluh darah dan di dinding saluran
makanan.

Tanya : Memangnya kenapa kalau menempel di dinding usus dan saluran makanan?
Jawab : Itu bikin penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah. Jadi penyerapan makanan dan gizi akan terhalang. Meski makan banyak dan bergizi, sari makanan itu telah berkurang kualitasnya. Ini akibat sempitnya saluran makanan. Tentu sisa-sisa itu akan membusuk dan jadi racun.

Tanya : Terus akibatnya apa?
Jawab : Orangnya jadi lemah sebab sel-sel tubuh kekurangan gizi berkualitas, bahkan sel yang rusak tak bisa diganti dengan cepat. Jadinya orang sakit karena tak punya daya tahan tubuh. Seperti kamu itu!

Tanya : Kalau terlanjur sakit, bagaimana ngobatinya?
Jawab : Orang sekarang kan langsung ke dokter lalu mondok di RS.
Tanya : Kalau Pakde pasti enggak, kan! Aku minta gimana cara ngobatinya saja.
Jawab : Gampang! Pakai saja SASABUSE, itu ‘Sari Sayur dan Buah Segar’.
Tanya : Cuma Sayur dan Buah? Apa manjur?

Jawab : Ingat lho, obat dokter atau pembedahan di RS memang bisa sembuh, tetapi punya effek melemahkan sel-sel tubuh. Jadi tetap sehat tanpa penyakit adalah lebih baik.
Tanya : Obatnya Sasabuse itu? Apa sih guna sasabuse itu?
Jawab : Gini lho. Umpamanya mesin mobil kan butuh pelumas, tubuh kita juga begitu. Tubuh kita ini punya mesin yang lebih rumit dibandingkan mesin mobil atau HP terkini. Jadinya tubuh ini harus dirawat baik-baik agar terus berfungsi normal dan sehat.

Tanya : Jadi jangan menunggu sampai penyakit datang lalu diobati? Selalu harus cegah, cegah, cegah. Tetapi kos hanya sayur dan buah saja…???
Jawab : Bukan sayur dan buahnya, tetapi sari sayur dan buah. Pokoknya jangan memasukkan sembarang makanan ke dalam mulut. Ini bukan melarang makan daging dan nasi, lho, bukan pula melarang kamu makan di resto! Tetapi minum sari sayur dan buah sesuai porsi adalah lebih baik dari pada makan ngawur saja.

Tanya : Tolong jelasin, Pakde!.
Jawab : Dengar hasil riset Dr Joy Hoffman di Himalaya. Orang-orang Hunza yang tinggal di Himalaya menduduki rekor sebagai suku yang berusia paling panjang dan punya kesehatan paling prima. Disana, orang yang berusia 100 tahun masih bisa naik turun gunung! Makanan mereka biasa saja. Mereka hanya makan sayur dan buah segar ditambah kacang-kacangan. Itupun hanya dimakan mentahan. Tanpa perlu dimasak, tak butuh lauk pauk. Makanya tidak usah berburu babi karena tidak makan daging. Mereka tak butuh kompor, karena nggak pernah dimasak.

Tanya : Yang bener aja…. Coba terangkan dulu tentang orang Hunza.
Jawab : Kebanyakan usia mereka mencapai 120 – 140 tahun. Kamu tahu wilayah pegunungan Himalaya kan. Daerah ini punya udara sangat bagus, segar tanpa polusi. Tumbuhan hidup tanpa dirabuk. Air mengalir jernih, tanpa perlu direbus bisa diminum. Mereka meninggal bukan karena penyakit, tetapi karena usia tua.

Tanya : Lalu apa resep mereka bisa berusia panjang?
Jawab : Selain udara bersih, mereka tidak punya rasa iri, tidak material, hidup gotong royong, tidak punya tekanan bathin dan yang paling penting, hidup dengan makan sayur dan buah segar 80 persen setiap harinya.

Tanya : Jadi jenis makanan apa yang jadi zat pembakar tubuh?
Jawab : Semua makanan adalah sumber energi. Tetapi ikuti aturan hukumnya. Seperti hukum yang mengatur tata surya, maka ada juga hukum yang mengatur tubuh kita. Untuk apa bermewah diri naik BMW jika tubuh kita keropos?

Tanya : Ok. Orang kuno hidup lebih lama dibanding manusia modern yang usianya lebih pendek. Artinya apakah kita nggak percaya pada kemajuan ilmu kedokteran.
Jawab : Lho, tadi kubilang, lebih baik nyegah daripada sakit lalu diobati. Bener, kan…? Buktikan usia-usia orang jaman kuno ini:
a. Nabi Adam dewasa usia 130 tahun, wafat usia 930 tahun
b. Nabi Nuh dewasa usia 100 tahun, wafat usia 950 tahun
c. Nabi Ibrahim, dewasa usia 27 tahun, wafat usia 175 tahun

Tanya : Benar Pakde, sampai seribu tahun? Usia orang sekarang baru 60 sudah peot.
Jawab : Mc Coy, ahli manusia dari Universitas Cornel menyebut usia manusia 140 tahun. Dr Toben Delli dari International Association of Gerontology bilang 120 tahun. Konvensi ahli-ahli manusia sedunia di Denmark 120 tahun atau 6 – 7 kali usia dewasa. Nyatanya manusia modern hanya bisa 2,7 – 3 kali usia dewasa. Buktinya, jika usia dewasa 20 tahun, kebanyakan orang modern sudah mati di usia 60 – 70 tahun.

Tanya : Jadi mengapa begitu, Pakde?
Jawab : Makanan itu sumber energi, juga untuk penghangatan, penguatan tubuh dan mengganti bagian sel-sel tubuh yang rusak. Tahu nggak, setiap hari, ada saja bagian sel tubuh yang rusak. Itu harus diganti dan dibangun yang baru.

Tanya : Setiap hari???
Jawab : Iya benar. Tubuh manusia terdiri atas unsur-unsur atom, misalnya oksigen, nitrogen, karbon, hydrogen, fosfor, silicon, sodium, belerang, zat besi, klorin, potassium, kalsium, magnesium, iodine, dsb. Karena manusia butuh hidup, unsur-unsur tubuh itu harus dipenuhi kebutuhannya agar tetap sehat dan kuat.

Tanya : Apa pengaruhnya jika salah satu unsur itu tidak dipenuhi?
Jawab : Ya tidak sehat. Istilahnya toxemia artinya keracunan atau sakit
Tanya : Lalu gimana caranya memenuhi sel-sel tubuh itu?
Jawab : Manusia harus makan jenis makanan yang berhubungan dengan tanah.

Tanya : Aduh, tapi bukan cacing, kan…?
Jawab : Ya bukan! Di tanah itu ada 16 jenis mineral utama, sama dengan mineral yang ada dalam tubuh manusia. Tapi apa kamu mau makan tanah? Tanah bukan makanan karena mineralnya mati atau bersifat an-organis. Unsur sel tanah itu diproses dulu oleh tumbuhan dan tanam-tanaman agar bersifat organis dan bisa masuk mulut manusia.

Tanya : Ooo ya, itu di buku pelajaran ada koq. Tanaman mengubah mineral tanah yang anorganis menjadi organis. Tanaman butuh sinar matahari dan air, lalu tumbuh menurut jenisnya. Dari berjuta tanaman, hampir semuanya berguna bagi tubuh manusia. Tetapi katanya semua makanan adalah sumber energi. Apa akibatnya bagi tubuh jika makanan yang masuk tidak bergizi?
Jawab : Tentu tubuh jadi lemah dan kurus. Makanan buruk, mineral organisnya tidak ada dan unsur-unsur zat hidupnya sudah rusak.

Tanya : Jadi orang Hunza selalu makan makanan yang unsur organisnya masih segar?
Jawab : Benar, mereka makan sayur segar, buah segar dan biji-bijian. Nabi Adam dan Ibu Hawa juga hanya makan tumbuhan. Itulah jenis makanan terbaik bagi manusia, karena sudah memenuhi kebutuhan lemak, protein, vitamin dan karbohidrat di dalam tubuh.

Tanya : Apa saja unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh dan apa pula fungsinya?
Jawab :
- Tubuh butuh protein, gunanya untuk pertumbuhan, mengganti atau memperbaiki sel yang rusak dan membangun daya tahan tubuh.
- Tubuh butuh karbohidrat, gunanya sebagai sumber tenaga.
- Tubuh butuh lemak, gunanya sebagai sumber tenaga, penghangat dan pelindung organ-organ penting seperti jantung, hati dan paru-paru.
- Tubuh juga butuh mineral seperti kalsium, khlor, fosfor, yodium dsb. Gunanya sebagai pembuat hemoglobin agar tubuh jadi kuat, karena bisa mengatur metabolisme tubuh.
- Tubuh butuh vitamin, gunanya agar urat saraf sehat, bisa mencegah pendarahan, terus menumbuhkan sel yang rusak, menyehatkan gigi dan mencegah infeksi.
- Tubuh butuh enzim dari makanan untuk memperpanjang usia.

Tanya : Ya udah Pakde, bagaimana cara mengkonsumsi sasabuse?
Jawab : Tinggal bikin atau beli aja. Sayur dan buah diblender atau diparut, sarinya diperas, lalu diminum. Gampang kan?
Tanya : Mengapa nggak makan sayur atau buahnya saja?
Jawab : Buah itu ada ampasnya. Ampas itu nggak dibutuhkan kecuali hanya pengganjal perut. Kalau minum sarinya, itu lebih cepat meresap di sel tubuh, paling 5 menit. Kalau makan sayur dan buahnya butuh waktu 4 jam untuk dicerna sel-sel tubuh.

Tanya : Tetapi, mengapa harus mentah? Moso makan sayur mentah?
Jawab : Karena unsure organisnya belum mati, itulah yang dibutuhklan tubuh. Sayur itu hanya diambil sarinya saja, lalu dicampur dengan buah, rasanya seger banget.

Tanya : Oh gitu. Pakde, aku minta catatan sayur dan buah yang mengandung komponen, zat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.
Jawab : Ok boleh. Lihat resepnya, lengkap dengan pencegahan untuk penyakit apa! Mulai saat ini, minum saja sasabuse, itu minuman sari sayur buah segar, lebih segar dari pada minum cocacola dan sejenisnya, dan bisa berdaya tahan lebih dari 2 botol kratengdaeng. Bener koq... lihat Pakde... fit dan terus tampak segar penuh fitalistas, ya kan....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar