Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 16 Februari 2009

SESAJI ADOL DHAWET

Sesaji Adol Dhawet

Acara Adol Dhawet ini diadakan sebagai awal kesegaran agar acara ‘manton’ bisa berjalan lancer. Tujuan acara adol dhawet adalah sbb:
Dhawetan dilakukan siang hari dalam suasana terbuka dan familier diikti oelh segenap pendukung acara
Mengapa dhawet? Dhawet adalah inuman yang berisi cendhol, air santan kelapa dan juruh. Konon dhawet mengandung banyak makna, yakni:
- cendhol yang terbuat dari tepung beras merupakan sarinya beras. Pasti menghitng jumlah tepung beras sulit banget, makanya tak terhitung, malah tampak jadi satu, lekat tak terpisahkan sebagi simbol saling gotong royong seluruh pendukng acara perkawinan.
- santennya yang dari sari air kelapa perlambang aman sejahtera dan segar.
- juruhnya berupa cairan gula jawa yang manis perlambang harapan manis di masa depan.
Adol Dhawet disebut juga ‘jualan dhawet’. Kalu dijual pastinya ada pembelinya. Pembelinya adalah kerabat dan tam undangan acara siraman tadi beserta selutuh pendukung acara. Mereka diberi duit oleh tuan rumah berpa kereweng, aitu pecahan genting. Jaman sekarang dibuat bulat seperti mata uang, terbuat dari tanah liat. Maknanya tanah bumi ibu pertiwi membawa bakti, kejujran dan kesetiaan lahir bathin hingga mati.
Penjual dhawetnya ibu dan ayah pengantin. Ibu menggendong sebakul untuk tempat uang dan ayah membawa payung sebagai peneduh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar